Home » SD St Maria Muntok Adakan ‘Gerak,’ Dihadiri Sekolah Lain di Bangka Barat

SD St Maria Muntok Adakan ‘Gerak,’ Dihadiri Sekolah Lain di Bangka Barat

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Ini kali pertamanya, SD Santa Maria Muntok menggelar pameran pendidikan dengan melibatkan beberapa sekolah negeri di kabupaten Bangka Barat. Lalu, tidak tanggung-tanggung, kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 12 hingga 14 Mei 2022.

Kegiatan ini terlihat sebagai sebuah manifestasi gebrakan sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Tunas Karya (YTK) itu. Kegiatan tersebut berjalan karena didukung oleh kepala sekolah dan segenap guru serta pegawai untuk menunjukkan eksistensi sekolah.

Kegiatan pameran bertajuk Gebyar Pelajar Kreatif (Gerak) ini menampilkan berbagai kegiatan ekstrakulikuler dan hasil belajar intrakurikuler di SD Santa Maria Muntok.

Kegiatan pembukaan terjadi, Kamis, 12 Mei 2022. Acara pembukaan itu dihadiri oleh Anwar, S.Ag selaku perwakilan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangka Barat dan Sukandi  selaku Camat Muntok.

Tampak juga Yuli Ismanto, S.Pd perwakilan dari YTK, kepala sekolah dan guru PAUD, SD dan SMP Kecamatan Muntok, serta para pejabat pemerintahan lainnya.

Pada acara pembukaan hari pertama ini, pentas tari tradisional dari SD Santa Maria dan SD Hilarius Parittiga, atraksi barongsai dari pelajar SD Santa Maria, serta persembahan angklung dari TK Santa Maria Muntok mewarnai kemeriahan Gerak.

“Acara Gerak ini sangat baik sekali, dan SD Santa Maria Muntok adalah yang pertama menyelenggarakannya secara mandiri. Ini bisa diteladani sekolah lain untuk menunjukkan hasil belajar dari kurikulum merdeka belajar,” ujar Anwar.

Selain pameran hasil kreatifitas siswa, kegiatan ini juga mengadakan lomba untuk pelajar PAUD di kecamatan Muntok seperti lomba mewarnai, menyanyi tunggal dan bercerita gambar. Pengisi acara di panggung pun juga diisi oleh sekolah lain seperti TK dan SMP Santa Maria, SD Hillarius Parittiga, SD N 13 Muntok dan SD N 21 Muntok.

“Kami mengajak semua sekolah di Bangka Barat untuk bersama-sama bergerak mewujudkan merdeka belajar. Sama-sama kita berkolaborasi,” kata Maria Susanti, S.Pd.SD Kepala SD Santa Maria Muntok.

Kebhinekaan Global, Pesan yang Disampaikan Pameran Gerak

Pada Pameran Gebyar Pelajar Kreatif (Gerak) SD Santa Maria Muntok tahun 2022 terdapat 4 ruangan pameran hasil kreatifitas peserta didik. Ruangan pameran ini dibagi berdasarkan 3 fase pendidikan berdasarkan kurikulum sekolah penggerak yakni Fase A untuk kelas I dan II. Fase B untuk kelas III dan IV. Fase C untuk kelas V-VI.

Ruangan khusus untuk menampilkan hasil kegiatan proyek profil Pelajar Pancasila juga disediakan oleh Gerak yakni bernama Kelekak (Kelas Literasi Kearifan Lokal). Pada Fase C, panitia menampilkan berbagai kain nusantara yang juga pernah diperkenalkan pada siswa SD Santa Maria Muntok.

Hasil membatik siswa pada kain kaos juga dipajang serta dijual kepada pengunjung. Di ruangan Kelekak, pengunjung disajikan nuansa perkampungan di Bangka Belitung serta dikenalkan berbagai cerita rakyat dari Babel. Di sini juga dipajang hasil karya siswa dalam membuat proyek wayang strip berdasarkan cerita rakyat lokal.

Sajian dari dua ruangan ini menekankan pesan untuk mencintai kekayaan budaya di Indonesia sesuai dengan salah satu karakter Pelajar Pancasila, Kebhinekaan Global.

Selain itu, di Fase A dan C, pengunjung juga disuguhkan hasil karya siswa dari pengolahan barang bekas. SD Santa Maria selalu mendukung dan mengajar peserta didiknya untuk berpikir kreatif dengan mengolah limbah menjadi barang bernilai seni dan media pembelajaran. Pendidikan pelestarian lingkungan juga diajarkan dalam pengolahan barang bekas ini. *(nys/sfn)*

Reporter : Suwito Wu

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.