Home » Mengejutkan! Anak Didik SD Karya Toboali Ini, Mempunyai Potensi Langka

Mengejutkan! Anak Didik SD Karya Toboali Ini, Mempunyai Potensi Langka

oleh humas YTK

Toboali-YTKNews.Id—Di selatan pulau Bangka, tepatnya di kota Toboali, ada Sekolah Dasar Katolik. Namanya SD Karya Toboali. Tak terbayangkan sebelumnya bahwa ada kejutan bisa terjadi di sekolah yang dikelola Yayasan Tunas Karya Pangkalpinang itu.

Kejutan ini datang dari seorang siswinya yang boleh dibilang memiliki potensi langka. Di sebut langka, karena amoy cilik bernama Filia Vilella itu, tiba-tiba dengan cerdas menjawab pertanyaan kru media ini dalam bahasa Mandarin.

Awalnya, jurnalis itu bertanya, siapa nama lengkapmu? Filia, gadisi cilik yang merasa bersyukur dengan namanya itu, lantas memperkenalkan dirinya dalam Bahasa Mandarin. Peristiwa langka ini terjadi kantor Kepala Sekolah SD Karya,. Cerita unik ini terjadi pada selasa, 24 Mei 2022.

Sesaat sang jurnalis, terdiam. Tidak membantah, juga tidak melanjutkan pertanyaan. Sedangkan, dari kursi sofa, tempat duduknya, Filia hanya senyum sumringah menyaksikan kebisuan sang jurnalis itu. Selang sekitar tigapuluhan detik, sang jurnalis memberikan sebuah buku catatan dan pena ke Filia. “Tolong Filia menuliskan ulang kalimat jawabanmu tadi di sini yah,” pinta sang jurnalis yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Lantas, Filia pun menulis kalimat jawabannya dalam tulisan latin pada buku catatan itu. Ternyata kalimat itu, ni hao wo jiao Filia. Sang jurnalis pun terlihat terperangah.

Ternyata menurut Liawaty, guru mandarin  atau laoshi di sekolah itu, Filia tidak hanya mempunyai lafal yang bagus, tetapi tulisan huruf mandarin pun sangat bagus. “Bahkan boleh dikatakan huruf mandarin Filia lebih indah dan lebih baik dari laoshi nya,” tutur Liawaty melalui telepon selular, 7 Juni 2022.

Menurut laoshi kefasihan berbahasa mandarin anak-anak SD Karya Toboali, terbilang luar biasa. “Tiap kelas mendapat dua jam pelajaran dalam seminggu.,” tutur laoshi lagi.  “Anak-anak senang melafal. Tetapi ada beberapa anak kelas I, kelas II sudah fasih menulis dalam huruf Mandarin,” ungkap Liawaty lagi.

Khusus untuk Filia, kata guru mandarin alias laoshi, selalu mendapat nilai yang bagus. “Lebih sering, Filia mendapat nilai seratus. Dan telihat Filia adalah salah satu anak di SD Karya yang punya kelebihan dalam pembelajaran Mandarin. (sfn)

Linawaty, Laoshi di SD Karya Toboali

Liawaty, Laoshi di SD Karya Toboali

Peliput : Novita Yuliasari-Agnes

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.