Home » Meriah dan Penuh Haru, Warnai Momen Istimewa Perpisahan Siswa SMK Tunas Karya

Meriah dan Penuh Haru, Warnai Momen Istimewa Perpisahan Siswa SMK Tunas Karya

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Jumat, 3 Juni 2022 menjadi hari istimewa bagi keluarga besar SMK Tunas Karya Pangkalpinang. Pasalnya, satu-satunya sekolah kejuruan di lingkungan Yayasan Tunas Karya (YTK) ini menggelar acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2021/2022.

Bertempat di Bangka City Hotel Pangkalpinang, acara dilaksanakan secara tatap muka setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring.

Acara diawali doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne YTK dan Mars SMK Tunas Karya. Kegiatan berlangsung meriah dipandu oleh Agus Selamat Telaumbanua, S.Pd seorang guru Matematika dan Munir, MC kondang Pangkalpinang.

Acara istimewa tersebut nampak juga dihadiri oleh Vikjen Keuskupan Pangkalpinang Romo Nugroho Krissusanto SSCC, Alberthus Christian selaku Sekretaris YTK, Syaiful Bakhri selaku Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kep. Bangka Belitung, Junardi selaku Pengawas SMK, Kepala SMK negeri dan swasta di Pangkalpinang, dan para kepala sekolah YTK serta para orang tua siswa.

Hari itu, anak-anak pun tampil beda dari biasanya. Siswa laki-laki tampil elegan dengan jas dan siswa perempuan nampak anggun dengan kebaya. Para siswa tampak semangat mendengarkan beberapa sambutan yang disampaikan beberapa tamu undangan.

Tiba-tiba ketegangan tampak mewarnai wajah para siswa saat Kepala SMK Tunas Karya, Suwarjo, S. Pd didampingi para wakil kepala sekolah dan wali kelas XII, membacakan pengumuman kelulusan.

Namun, ketegangaan berubah menjadi teriakan gembira manakala anak-anak tersebut dinyatakan lulus 100%. Selepas pengumuman kelulusan, dilanjutkan pengalungan medali dan pemberian bunga tangan kepada seluruh siswa sebagai apresiasi atas keberhasilan mereka.

Suasana menjadi cair dan hangat ketika masuk pada acara hiburan. Penampilan pertama dari kelompok ekstrakurikuler tari yang menampilkan tari kreasi modern dikolaborasikan dengan beberapa lagu daerah secara medley yang menggambarkan kekayan budaya Nusantara.

Penari yang semuanya adalah siswa kelas X ini tampil memikat dengan balutan busana tradisional yang dipadu padan dengan busana kekinian.

Disambung penampilan kelompok ekskul paduan suara dengan menampilkan lagu yang sedang populer saat ini yang berjudul ‘Pelajar Pancasila’. Tak hanya itu, Yuniarty yang ternyata alumni SMK Tunas Karya yang saat ini sudah menjadi penyanyi professional di kota Pangkalpinang tampak tampil menghibur memberi kejutan di tengah acara.

Suasana semakin meriah dan mengundang histeris para siswa saat kelompok ekskul kolintang dan angklung unjuk kebolehan dengan mengiringi para guru yang turut tampil dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional.

Para siswa jurusan tata busana pun tak mau kalah dengan menampilkan peragaan busana. Istimewanya, ada tiga model busana yang ditampilkan adalah hasil kreasi sendiri dan membuat kagum undangan yang hadir.

Namun, tiba suasana berubah menjadi haru tatkala kelompok ekskul band tampil dengan membawakan lagu perpisahan ‘sampai jumpa’ dan dilanjutkan dengan saling bersalaman antara siswa dan guru.

Pada akhir acara, semua yang hadir menyatakan kesan baiknya bahwa acara berjalan tertib, lancar dan mengesankan. Paulina Lystianingsih Riardi, S.Pd. sebagai ketua Panitia mengaku sangat bersyukur bahwa acara berlangsung tertib, lancar, dan sesuai rencana.

“Ada kendala sedikit wajar, tetapi itu pun dapat cepat teratasi dan tidak mengganggu acara.  Syukur sebagian besar undangan hadir. Lelah  untuk mempersiapkan acara ini terbayar sudah dengan melihat antusiasme hadirin,”  ungkap Paulina. *(nys)*

Penampilan Para Guru Saat Mengisi Acara

Penampilan Para Guru Saat Mengisi Acara

Penulis  : Lukas Parjiyo

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.