Home » Peringati Hari Anak Nasional, Forum Anak dan Bujang Dayang Bangka Barat Berkolaborasi dengan SD Santa Maria

Peringati Hari Anak Nasional, Forum Anak dan Bujang Dayang Bangka Barat Berkolaborasi dengan SD Santa Maria

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Salah satu standar pengelolaan, sekolah seyogyanya berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Inilah yang terjalin dalam peringatan Hari Anak Nasioanl antara Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR), Forum Anak, dan 2 sekolah dasar di Muntok, termasuk SD Santa Maria pada 23 Juli 2022.

Dalam program yang bertajuk Ular Tangga Sejiran Setason (Laron) ini, SD Santa Maria diundang untuk mengirimkan peserta didiknya dalam kegiatan pengenalan budaya, wisata dan permainan tradisional lokal. Kegiatan berlangsung di halaman Museum Timah Indaonesia Muntok.

Permainan laron ini mengajak siswa di Bangka Barat untuk belajar mengenal daerah lebih dekat dengan cara menyenangkan. Selain memperluas wawasan budaya dan wisata lokal dengan permainan ular tangga, para alumni Bujang Dayang Bangka Barat juga mengajak peserta bermain permainan tradisional Caklingking. Mereka juga berkesempatan tur singkat di dalam Museum Timah Indonesia.

“Dunia anak-anak adalah dunia bermain, juga saat-saat mereka perlu belajar banyak hal. Dengan program ini, kita ingin para generasi muda bisa memperkaya pengetahuan tentang daerah mereka, lalu mencintainya dan melestarikan budayanya,” ujar Agung Purnama, ketua Ikatan Alumni BDBAR.

Beberapa kali BDBAR sering mengadakan program edukasi berkolaborasi dengan SD Santa Maria Muntok. Di tahun sebelumnya, siswa SD Santa Maria bersama kakak-kakak BDBAR pernah melakukan kegiatan pembersihan sampah di pantai, mengadakan kelas Asik seputar pakaian adat Bangka Belitung di SD Santa Maria, dan sebagainya.

“Program BDBAR selaras dengan tujuan pendidikan di SD Santa Maria. Kami sangat membuka ruang kolaborasi untuk memberi kesempatan siswa belajar dimana saja. Tak lupa mereka diharapkan mendapatkan inspirasi dari kakak-kakak BDBAR yang luas wawasannya serta baik budi pekertinya,” tutur Maria Susanti, S.Pd selaku Kepala SD Santa Maria Muntok. *(nys)*

Penulis : Suwito Wu

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.