Home » Inilah “Belajar Asyik” di SD St Maria Goreti Sungailiat

Inilah “Belajar Asyik” di SD St Maria Goreti Sungailiat

oleh humas YTK

Sungailiat, YTKNews.id – Mengawali tahun ajaran 2022/2023, SD Maria Goretti mengadakan pembelajaran luar sekolah secara bergantian yang dimulai 22 sampai 26 Juli 2022. Setelah hampir dua tahun tidak menjalankan program ini, terlihat antusias dan semangat para peserta didik dalam mengikuti pembelajaran luar sekolah tersebut.

Sekolah menyadari bahwa pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan didalam kelas, tetapi pembelajaran di luar kelas juga tak kalah penting. Karena itu, sekolah melaksanakan program ini untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak didik.

Adapun berbagai tempat yang menjadi tujuan pembelajaran sekolah tersebut adalah Perpustakaan Daerah untuk siswa kelas I, De Locomotief untuk siswa kelas II, Bank Mandiri untuk siswa kelas III, PT. Bangka Asindo Agri untuk siswa kelas IV dan V, serta Satlantas untuk siswa kelas VI.

Mengingat bahwa sekolah SD Maria Goretti sudah menerapkan kurikulum Merdeka yang saat ini sedang gencar dicanangkan di sekolah-sekolah se-Indonesia, secara khusus sekolah-sekolah di Yayasan Tunas Karya (YTK). Dengan status Kurikulum Merdeka ‘Mandiri Belajar’, program pembelajaran luar sekolah ini menjadi salah satu sarana dalam menerapkan kurikulum yang berbasis proyek bagi peserta didik ini.

Maria Veronika, S.H, selaku kepala sekolah menyatakan bahwa pihak sekolah berusaha sebisa mungkin memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat mereka melalui program-program sekolah yang sesuai dengan kurikulum yang saat ini sedang dijalankan tersebut.

“Pembelajaran Luar Sekolah memang selalu dijadwalkan dalam program sekolah setiap tahunnya. Puji Tuhan, setelah dua tahun terhalang pandemi, kita kembali programkan di awal tahun ajaran ini, untuk membangkitkan semangat siswa-siswa dalam berkreasi dan berpikir kritis melalui pembelajaran luar sekolah ini,” kata Maria.

“Mengingat kita sudah mencanangkan Kurikulum Merdeka, siswa dituntut lebih aktif dalam belajar dan menerapkan profil seorang pelajar Pancasila,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mensosialisasikan visi dan misi sekolah serta kurikulum yang berlaku di tahun ajaran ini kepada para orang tua siswa pada Selasa, 19 Juli 2022.

Dalam hal itu juga, seluruh orang tua menyambut baik rencana dan program sekolah SD Maria Goretti tersebut. Para orang tua juga mendukung seluruh program yang direncanakan pihak sekolah, terlihat dari suksesnya kegiatan pembelajaran luar sekolah tersebut, karena hal itu tidak lepas dari peran serta dan dukungan para orang tua siswa.

“Setiap program sekolah tidak lepas dari peran serta orang tua. Kami sangat mengapresiasi seluruh orang tua yang mendukung setiap program sekolah yang sudah direncanakan,” tambah Maria. *(nys)*

Penulis : Fristy

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.