Home » LKTD SMA Yos Sudarso, Siapkan Langkah Awal Belajar Menjadi Pemimpin

LKTD SMA Yos Sudarso, Siapkan Langkah Awal Belajar Menjadi Pemimpin

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id – Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) untuk siswa kelas X dan XI SMAK Yos Sudarso kembali dilaksanakan secara tatap muka. Setelah pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara online.

LKTD tahun 2022 digelar dengan tema “Leadership is Action Not Position” ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 25 sampai 27 Agustus 2022. Siswa yang menjadi peserta dalam LKTD ini berasal dari empat organisasi yaitu OSIS, Pendalaman Iman (PI), PIKR, dan Dewan Ambalan Pramuka.

Kegiatan ini menghadirkan pendamping sekaligus narasumber dari Yogyakarta, A.Tri Broto Nugroho yang sudah mumpuni mendampingi kegiatan pelatihan kepemimpinan.  Benediktus Raditya, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengatakan tujuan LKTD ini untuk melatih dan membentuk karakter peserta didik.

“LKTD ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kepemimpinan dan pembentukan karakter siswa, melatih mental dan kepercayaan diri mereka dalam hidup berorganisasi,” ujar Benediktus.

Terlihat kegiatan LKTD kali ini diisi dengan agenda yang sangat padat. Pada  hari pertama siswa dilatih untuk mengenali diri dan membuat kesepakatan bersama untuk tujuan yang akan dicapai dalam organisasinya masing-masing.

Pada hari kedua, siswa diajak untuk mengimplementasikan hal yang sudah disepakati di hari sebelumnya dalam kegiatan outbond dan diakhiri dengan fire walking atau berjalan di atas api yang bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya terhadap diri sendiri dan tim, juga membentuk mental dan pola pikir yang positif.

Sebagai penutup, di hari ketiga, siswa diajak untuk memanajemen waktu dan diri sendiri dalam kegiatan mempersiapkan hidangan makan siang secara mandiri. Kegiatan belanja dan memasak pun menjadi ajang lomba sebagai bentuk apresiasi untuk kerja keras para peserta.

Sumiyati, S.Pd selaku kepala sekolah mengapresiasi kegiatan LKTD ini dan berharap kegiatan ini berguna untuk mempersiapkan masa depan anak-anak.

“Anak-anak sangat senang menjalani setiap kegiatan di LKTD ini.  Saya cukup senang melihat anak-anak semangat menghadapi tantangan yang diberikan oleh narasumber dan berhasil melewatinya dengan kerja sama tim yang baik,” ujar Sumiyati.

“Hal ini tentu akan berguna untuk diri mereka dalam mempersiapkan masa depan. Selain itu, sekolah juga menjadi sangat terbantu dengan kesiapan anak-anak dalam menjalankan program sekolah,” tambahnya lagi.

Sebagai penutup Kepala Sekolah juga menegaskan bahwa LKTD ini merupakan kegiatan yang baik untuk menghasilkan siswa yang unggul dalam mutu yakni pembentukan kepemimpinan yang penuh dengan penanaman nilai karakter yang positif. *(nys)*

Suasana api unggun ketika LKTD

Suasana api unggun ketika LKTD

Reporter : Dwiky N.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.