Home » Menakjubkan! Awalnya Hanya Tertarik, Akhirnya Siswa St Yosef Ini Berhasil Wakili Babel di Tingkat Nasional

Menakjubkan! Awalnya Hanya Tertarik, Akhirnya Siswa St Yosef Ini Berhasil Wakili Babel di Tingkat Nasional

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Siswa SMA Santo Yosef Pangkalpinang, Ruben Lucano Wisman berhasil mengharumkan nama sekolah sekaligus keluar sebagai perwakilan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke tingkat Nasional atas prestasi yang sukses diraih.

Ruben mengaku bahwa sudah sejak lama dirinya tertarik pada bidang fisika, bahkan sebelum masuk SMA. Selain itu, dirinya juga kerap kali melihat berita kemenangan yang diraih kakak tingkatnya di sekolah. “Saya begitu tertarik karena nama maupun wajah kakak-kakak kelas yang beprestasi dicetak dalam spanduk dan dipajang di area sekolah.

Menurut Ruben, itu adalah suatu kebanggaan yang teramat besar bagi dirinya jika dia bisa mengharumkan nama sekolah, serta nama sendiri. Inilah alasan, sekaligus motivasi untuknya dalam mengikuti olimpiade. Lantas, baginya, olympiade tak lain adalah wadah untuk mengasah, dan memanggungkan potensi dalam dirinya.

Tak disangka, ternyata persiapan yang dilakukan Ruben untuk lomba ini terbilang cukup singkat, yaitu hanya memerlukan waktu 3 bulan.

Di dalam hitungan bulan tersebut, Ruben selingi dengan tumpukan latihan-latihan soal sebelumnya, bimbingan bersama kakak tingkat olimpiade, serta mengikuti pelatihan dari tempat yang berbeda-beda.

Atas segala jerih payah yang dilalui selama ini, maka tak heran lagi bila Ruben berhasil keluar menyabet Peringkat 1 atas bidang FISIKA pada Olimpiade Sains Nasional SMA/MA tingkat Provinsi 2022.

Lokasi lomba ini berpusat di daerah Senayan, Jakarta Pusat. Acara lomba ini merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan bagi siswa-siswi berbagai tingkatan dari seluruh sekolah di Indonesia dalam bidang sains dengan pihak penyelenggaranya adalah “Pusat Prestasi Nasional”, berlangsung secara online (jarak jauh).

“Didampingi orangtua yang tanpa henti-hentinya memberi dukungan semangat serta doa padanya. Serta kakak tingkat dan teman-teman yang selalu ada untuk dirinya, menjadi kunci gemilang keberhasilan dirinya meraih peringkat 1 bidang Fisika ini” tutur Ruben.

Pemenang OSN Provinsi tingkat SMA/MA ini juga memberikan pesan untuk teman lainnya, yakni : “Tekunilah segala sesuatu yang disukai, dan gali potensi mu lebih dalam melalui lomba yang ada. Tak usah pedulikan siapa atau sehebat apa pesaing mu, tetap fokus lakukan yang terbaik, dan pasang target pencapaian mu sejauh-jauhnya. “JANGAN” pernah sekalipun kamu menyerah apalagi berhenti mencapai mimpi.”

“Saya tunggu wajah-wajah teman sekalian  di spanduk sekolah sebagai pemenang lomba nasional bahkan internasional mendatang,” ujar Ruben. *(sfn)*

Penulis: Shintia Ronauli

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.