Home » Rakor K3S Wilayah Babel Unik dan Menjawab Kebutuhan Kepala Sekolah, Apa Itu?

Rakor K3S Wilayah Babel Unik dan Menjawab Kebutuhan Kepala Sekolah, Apa Itu?

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Sore itu, Selasa 20 September 2022 suasana kota Pangkalpinang di guyur hujan yang cukup deras. Namun, pada cuaca yang kurang bersahabat tersebut, seluruh Kepala Sekolah Yayasan Tunas Karya (YTK) wilayah Bangka Belitung (Babel) justru datang berkumpul di Puri Sadhana demi mengikuti rapat koordinasi (rakor) Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang diadakan oleh YTK.

Rakor ini dibuka langsung oleh Ketua YTK, Romo Servasius Samuel, S.Psi., M.Psi didampingi oleh seluruh pengurus YTK. Romo Samuel mengatakan rakor yang diikuti 29 Kepala Sekolah dan 1 orang Kepala Asrama kali ini unik, karena diadakan bersamaan dengan orientasi manajerial bagi seluruh Kepala Sekolah.

Orientasi ini juga tidak hanya didapat oleh Kepala Sekolah baru, namun akan diberikan kepada seluruh Kepala Sekolah yang memimpin di sekolah wilayah Babel.

“Rakor tahun ini diadakan lima hari, lebih panjang dari biasanya karena digabungkan dengan orientasi manajerial. Hal ini menjadi istimewa karena orientasi merupakan kebutuhan kita bersama,” ujar Romo yang juga seorang psikolog tersebut, Selasa (20/09/2022).

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, kita selaku pemegang otoritas di sekolah dapat dengan baik menjamin seluruh hal di unit berjalan lancar,” pungkasnya.

Kristiawan Tri Wardana, S.Pd.Ing selaku ketua K3S wilayah Bangka Belitung juga mengajak peserta rakor untuk dapat flashback ketika rakor dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Dalam perjalanan rakor yang dikemas dengan waktu semakin lama, artinya itu menjadi sebuah kebutuhan. Pertanda baik bahwa kita semakin membutuhkan waktu yang intens, tentunya banyak hal yang akan didapat,” ujar Kepala SMP Maria Goretti tersebut.

“Dalam rakor ini kita bisa saling berbagi antar kepala sekolah, dalam perkembangan pelaksanaannya, sangat luar biasa seiring waktu. Hal yang terpenting kita berkumpul dan dapat bertukar pikiran,” tuturnya.

Suasana Rakor K3S wilayah Bangka Belitung

Suasana Rakor K3S wilayah Bangka Belitung

Kata Kepala Sekolah baru tentang Rakor wilayah Babel

Rakor ini juga menjadi hal baru bagi beberapa peserta yang baru saja menjabat menjadi Kepala Sekolah wilayah Babel. Sebut saja Marselina Kartika, S.Pd selaku Kepala SD Regina Pacis Tanjungpandan yang sebelumnya menjabat di TK Yos Sudarso II dan Della Natalia Sijabat, S.Pd yang pernah bertugas di SD Yos Sudarso II Batam.

“Peserta rakor wilayah Babel lebih banyak dibandingkan Kepri. Saya berharap banyak hal yang dapat dibawa pulang untuk bekal di sekolah nantinya,” imbuh Marselina.

Hal senada diungkapkan Della Natalia Sijabat, S.Pd selaku kepala sekolah yang baru dilantik pada Juli lalu.

“Ini kali pertama saya mengikuti rakor. Meski saya merasa agak asing tapi saya sadar ini menjadi tempat untuk tempat belajar leadership,” tutur Della.

“Lewat rakor ini, semoga dapat belajar lebih banyak hal baru dan hal baik,agar nantinya dapat diterapkan di unit masing-masing,” pungkasnya. *(sfn)*

Della Natalia Sijabat dan Marselina Kartika, peserta rakor tampak serius mengikuti sesi

Della Natalia Sijabat dan Marselina Kartika, peserta rakor tampak serius mengikuti sesi

Penulis : Novie

Anda mungkin juga suka

1 komentar

Sarah W September 26, 2022 - 9:28 am

Selamat ber’RAKOR’ria man teman, Hidup YTK.

Balas

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.