Home » Sederhana, Meningkatkan Dunia Literasi pada Siswa SMP Katolik dengan Menghidupkan Mading

Sederhana, Meningkatkan Dunia Literasi pada Siswa SMP Katolik dengan Menghidupkan Mading

oleh humas YTK

Tanjungpinang, YTKNews.id- Siapa yang bilang bahwa anak-anak SMP jamam now hanya tahu media sosial, lantas tidak tahu mengelola Majalah Dinding sekolah? Ternyata anggapan ini tidak serratus persen benar. Pasalnya, pada Kamis, 18 Agustus 2022 di SMP Katolik Tanjungpinang, terlihat majalah dinding sekolah milik Yayasan Tunas Karya (YTK) itu, aktif Kembali, setelah sekian lama vakum akibat pandemi.

“Sudah saatnya sekolah harus menciptakan iklim pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan literasi siswa,” ujar Selamat Simarmata, S.Si selaku kepala SMP Katolik.

Milawati selaku guru Bahasa Indonesia juga mengatakan bahwa pentingnya meningkatkan dunia literasi pada siswa. Ia pun menjelaskan bahwa literasi tidak hanya sekedar kegiatan membaca, tetapi juga menulis. Di sinilah wadah yang tepat untuk para siswa menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan. “Jika mading mampu dihidupkan, maka keterampilan literasi anak akan berkembang,” tambahnya.

Dalam penyusunan mading tersebut juga tidak terlepas dari para pengurus OSIS yang membantu proses penyusunan. Mading yang bertemakan “Kemerdekaan” tersebut juga cukup membuat para siswa berantusias untuk membacanya. Berkat kerja sama para siswa dan pengurus OSIS, akhirnya mading tersebut kembali aktif.

Mading yang berisikan artikel, puisi, dan pantun tersebut diharapkan dapat menumbuhkan keterampilan literasi siswa yang lain dalam menulis.”Selanjutnya hasil karya siswa yang dipajang juga nantinya mengalami rotasi setiap dua minggu sekali dan diharapkan semua siswa dapat ikut serta di dalamnya,” ujar Milawati. *(sfn)*

Penulis : Milawati 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.