Home » Serunya Praktikum IPA, Reputasi SMAKYS Semakin Kinclong

Serunya Praktikum IPA, Reputasi SMAKYS Semakin Kinclong

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.Id—-SMA Katolik Yos Sudarso, sepertinya makin menunjukan reputasinya makin kinclong, dan menegaskan eksistensinya sebagai tempat paling tepat bagi anak-anak untuk menimba ilmu. Selain dikenal sebagai sekolah dengan mutu pendidikan yang baik, SMAKYS sebutan bagi sekolah ini juga, merupakan sekolah dengan banyak sekali kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Salah satu kegiatan intrakurikuler yang paling disenangi siswa-siswi SMAKYS khususnya jurusan IPA adalah praktikum. Praktikum merupakan kegiatan intrakurikuler, bertujuan agar siswa dapat menguji dan melaksanakan dalam kehidupan nyata apa yang telah diperoleh dari teori.

Kegiatan praktikum dilaksanakan tiap minggu untuk mata pelajaran jurusan IPA seperti Kimia, Biologi, dan Fisika. Praktikum dilaksanakan setiap jam pulang sekolah dan bertempat di lab masing-masing mapel.

Peralatan untuk menunjang kegiatan praktikum  sudah tersedia dan difasilitasi oleh sekolah sehingga kegiatan praktikum berjalan dengan lancar. Salah satu kegiatan praktikum yang baru-baru ini dilakukan oleh siswa-siswi jurusan IPA adalah membuat ice cream.

Tentunya ini sangat menyenangkan bagi mereka karena ice cream merupakan salah satu makanan yang paling disukai anak-anak. Mereka diberi kesempatan untuk praktik langsung membuat ice cream dengan mengandalkan teori yang sudah dipelajari.

Selain itu baru-baru ini juga siswa-siswi jurusan IPA melakukan praktikum Biologi yaitu Ingenhouze. Dalam praktikum ini siswa-siswi melakukan pengamatan terhadap tanaman yang berfotosintesis atau menghasilkan O2.

Karena praktikum ini membutuhkan paparan sinar matahari maka dilakukan di lapangan SMA Yos Sudarso. Meskipun mereka harus berjemur di bawah panas matahari untuk mengamati jumlah gelembung yang dihasilkan selama proses tersebut siswa-siswi ini tetap semangat melakukan kegiatan praktikum ini.

“Praktikun di SMAKYS sangat menyenangkan, kami diajarkan bagaimana mempraktikkan apa yang sudah kami pelajari di dalam kelas. Hal ini lebih membuat kami mudah paham akan apa yang sudah kami pelajari” tutur seorang siswa saat dijumpai di lab Kimia.

“Kegiatan praktikum ini sangat seru sekali karena melalui proses inilah dapat membentuk kami siswa siswi SMA Yos Sudarso berpikir lebih maju dan berwawasan luas bukan hanya sekedar teori tetapi juga pada aksi di lapangan. Selain itu kami juga belajar kekompakan dan kerja sama”.

Selama proses kegiatan praktikum siswa-siswi tetap berada di bawah pengawasan guru mata pelajaran dan tetap menaati aturan yang ada sehingga praktikum berjalan dengan aman dan keselamatan guru serta siswa-siswi tetap terjaga. *(sfn)*

Siswa-siswi kelas XII IPA melakukan kegiatan praktikum di lingkungan sekolah SMA Yos Sudarso dengan penuh semangat dan keceriaan.

Siswa-siswi kelas XII IPA melakukan kegiatan praktikum di lingkungan sekolah SMA Yos Sudarso dengan penuh semangat dan keceriaan.

Peliput : Agnes Theresia Derosari

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.