Home » Siswi SMAK Yos Sudarso Ini, Diam-Diam Juarai Lomba Bertaraf International

Siswi SMAK Yos Sudarso Ini, Diam-Diam Juarai Lomba Bertaraf International

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id—Enzi Juro, itulah namanya. Siswi SMAKYS yang duduk di kelas XI.4  SMAK Yos Sudarso ini, dalam diam ternyata mendulang prestasi. Perhelatan lomba level internasional yang diadakan oleh The One Academy College Malaysia, berhasil membawanya masuk dalam TOP 10 Outstanding Young Artist Awards 2022. Gambar karyanya berhasil menempati peringkat 7 dari 10 yang terbaik.

“Lomba art and design ini diadakan untuk para siswa SMA di Indonesia dari kelas X-XII dan mereka yang telah lulus SMA tetapi belum terdaftar di perguruan tinggi manapun di Indonesia maupun luar negeri.  Lomba yang dimulai dari tanggal 20 Agustus – 31 Agustus 2022 ini dilakukan secara online. Semua peserta mengerjakan karyanya di tempat mereka masing-masing, dan pengumuman pemenang dilakukan lewat zoom tanggal 10 September kemarin,” ujar Enzi.

Lomba ini memiliki teknis pelaksanaan cukup unik. Salah satu persyaratan dari lomba ini adalah merekam proses pengerjaan karya dalam bentuk video mp4 sebagai authenticity test berdurasi maksimal 3 jam non-stop.

Video tersebut tidak boleh diedit dan tidak boleh berupa timelapse, menggabung-gabungkan video bahkan memotong atau menge-cut video. Sehingga, video tersebut benar-benar dikerjakan pada satu hari selama tiga jam.

“Saya harus membersihkan storage handphone saya karena persyaratan lomba ini meminta kita merekam video selama 3 jam, lalu   memikirkan konsep atau ide untuk membuat karya dalam lomba ini, dan menyiapkan alat dan media yang saya perlukan, “ tambah Enzi menceritakan persiapan yang ia lakukan untuk mengikuti lomba ini.

Sumiyati, S.Pd selaku Kepala SMAK Yos Sudarso mengungkapkan kekagumannya pada prestasi yang diraih. “Prestasi dari kompetisi menggambar taraf internasional yang diikuti anak berbakat dari SMA Yos Sudarso ini menorehkan hasil yang memuaskan.

Persiapan mengikuti kompetisi ini tidak semulus seperti yang kita pikirkan. Siswa ini pernah tidak lolos di tahun sebelumnya namun dari kegagalan ini dia menunjukkan aksinya untuk merenggut kejuaraan di tahun ini. prestasinya ini memberikan kejutan bagi sekolah,” ujarnya bangga.

Lomba yang diadakan setiap tahun ini bertujuan menyediakan platform bagi audiens muda berbakat mencapai impian mereka untuk berada di international creative art & design industry dengan memberikan beasiswa kepada para pemenang untuk melanjutkan studi diploma mereka di The One Academy. Kerja keras Enzi Juro pun berhasil membuatnya membawa pulang hadiah berupa sertifikat untuk dirinya sendiri, untuk sekolah, serta voucher potongan beasiswa sebesar RM5,000 untuk kuliah di The One Academy. (red)

Reporter : Dwiky Natalia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.