Home » Seru! 4 Murid SMP Katolik Satu-satunya di Belitung Ini. Mulai Melek Jurnalistik

Seru! 4 Murid SMP Katolik Satu-satunya di Belitung Ini. Mulai Melek Jurnalistik

oleh humas YTK

Tanjungpandan, YTKNews.id—Jurnalistik, boleh disebut sebagai aktivitas repotase, termasuk di dalamnya,penulisan berita dan artikel-artikel tertentu. Lantas, tulisan tersebut dimuat media massa, baik media cetak dan media elektronik.

SMP Regina Pacis terhitung beruntung, karena  memiliki ekstra kurikuler dalam hal  pembelajaran Jurnalistik. Pembelajaran ini diadakan seminggu sekali, setiap hari Rabu. Pembelajaran yang tak biasanya ini, diikuti lakukan oleh para peserta didik yang memiliki minat dan bakat dalam menulis berita.

Walaupun, di satu-sanunya SMP katolik di Belitung ini. peminat ekskul jurnalistik hanya empat peserta, kegiatan ini sangat mereka nikmati. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi peserta didik, salah satunya modal dasar untuk bekerja di media massa atau penulis buku dan sebagainya.

Dengan adanya kegiatan jurnalistik ini, peserta didik dapat meningkatkan kreatifitas serta mengambangkan cita-cita dan bakat yang mereka punya, seperti menjadi seorang reporter, penulis dan sebagainya. Menurut peerta ekskul, kegiatan ini membawa banyak manfaat.

Dari sudut pandang Vinnie Angelica, jurnalistik itu mengajarkan bahwa setiap orang memiliki opini atau pun tanggapan yang berbeda-beda tentang suatu kasus. Hal ini terlihat dari beberapa berita yang ditulis Vinnie selama mengikuti ekskul jurnalitik.

“Jurnalistik itu membuat ku senang untuk menulis dan memberi tanggapan dari sudut pandang yang berbeda tentang suatu kasus,” ungkap Vinnie di selah-selah ekskul jurnalistik.

Lain halnya yang diungkapkan Valencia. “Jurnalistik benar-benar menambah wawasan untuk menentukan data-data yang dikumpulkan, lalu disajikan menjadi suatu bacaan yang rinci dan jelas, serta dikembangkan menjadi suatu berita yang dapat meyakinkan pembaca dan yang tentunya berisikan fakta,” tandas Valencia.

Sementara itu, Shiren Hautiwira memiliki pemikiran yang berbeda tentang jurnalitik. “Jurnalistik sangat seru dan kita bisa berlatih menulis, mencari info berita apapun menggunakan unsur 5W+1H,” ungkap Shiren

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat dan semangat peerta didik dalam menulis. (sfn)

Penulis : Siprianus

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.