Home » SMP Maria Goretti Sungailiat Gelar Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Osis

SMP Maria Goretti Sungailiat Gelar Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Osis

oleh Redaktur Ytknews

Sungailiat, YTKNews.id– –SMP Maria Goretti Sungailiat  menggelar pesta demokrasi pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS  periode 2022/2023, yang berlangsung selama dua hari sejak Senin (26/09) hingga Selasa (27/09).

Berbeda dengan pemilihan pada periode sebelumnya, pemilihan kali ini juga merupakan pelaksanaan salah satu dari 3 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Karena itu, kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini dirancang oleh Tim Pengembang Kurikulum SMP Maria Goretti sebagai implementasi kurikulum merdeka dengan mengambil “Suara Demokrasi” sebagai tema projek yang pertama.

Alur dan tahapan projek dilaksanakam dengan kolaborasi dan kerjasama antar guru lintas mata pelajaran, mulai dari memberikan inspirasi dan wawasan kepada siswa/i tentang visi dan misi, prinsip, tata cara serta pentingnya berdemokrasi.

Pengalaman belajar tentang peran dan fungsi masing-masing komponen dalam proses berdemokrasi pun disampaikan dengan baik.

suasana pemilihan OSIS

Untuk menghadirkan pemilu yang demokratis dan sesuai harapan, sudah sejak dua minggu sebelumnya para siswa sudah terlibat dalam tahapan kegiatan persiapan.

Kegiatan persiapan diisi dengan rekrutmen pasangan calon (paslon) , tahap persiapan kandidat, kampanye hingga tahap pencoblosan.

Pada tahapan persiapan, siswa/i diberikan kesempatan untuk berkreasi mendesain dan membuat sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari surat suara, kotak suara, bilik suara hingga spanduk dan poster kampanye.

Selama kegiatan persiapan ini, suasana sekolah tak seperti biasanya. Terlihat setiap akhir pelajaran, para siswa sibuk membuat dan mendesain alat peraga kampaye dalam kelompok-kelompok sesuai dukungan kandidat.

Tak hanya alat peraga kampanye, kepada kandidat yang diusung –pun terjadi diskusi dan strategi baik yang menyangkut program maupun strategi saat kampanye.

Persiapan ini cukup menyita perhatian, karena selalu saja muncul kreasi-kreasi baru untuk membuat desain yang apik. Beberapa siswa harus menghabiskan waktu di sekolah hingga sore hari untuk memikirkan dan mengkreasi hal yang terbaik buat kandidat yang diusung.

Setelah melewati dua minggu persiapan, seluruh siswa/i beserta guru dan karyawan kembali melebur menjadi satu dalam kegiatan Pesta Demokrasi di SMP Maria Goretti.

Hari pertama, dalam pesta demokrasi, Senin (26/09) diawali dengan penampilan tim sukses dari masing-masing pasangan calon.  Setelah itu dilanjutkan dengan kampanye dari ketiga paslon di depan seluruh warga sekolah SMP Maria Goretti.

Kegiatan yang dimeriahkan dengan penampilan modern dance dari MG Dancer, itu diakhiri dengan acara debat antar paslon. Tujuannnya, untuk meyakinkan warga SMP Maria Goretti dalam memilih pasangan calon mana yang tepat.

Debat tersebut juga diselingi dengan hiburan, bernyanyi dan berjoget bersama, menambah kesan kebersamaan SMP Maria Goretti.

ketika pemilihan berlangsung rahasia

Hari kedua, Selasa (27/09/22), pagi-pagi sekali, seluruh warga SMP Maria Goretti sudah disibukkan untuk menyiapkan TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang terjadi di lapangan SMP Maria Goretti.

Pada pukul 07.30 WIB pemungutan suara pun dilakukan. Kristiawan Tri Wardana S.Pd selaku kepala sekolah SMP Maria Goretti diberikan kesempatan yang pertama untuk mencoblos memberikan suara sekaligus menandai dimulainya  rangkaian pemungutan suara, dilanjutkan oleh guru-guru, karyawan, dan siswa/i.

Pemungutan suara berjalan dengan lancar. Setelah selesai pencoblosan, kegiatan hari itu juga diisi dengan unjuk bakat siswa/i SMP Maria Goretti dalam bernyanyi dan menari.

Tak mau ketinggalan dengan murid-muridnya, guru-guru SMP Maria Goretti juga unjuk kebolehan dalam bernyanyi.Agenda acara sampailah pada kegiatan terakhir yaitu, proses perhitungan suara.

Dengan memperhatikan azas jujur dan transparan, perhitungan suara pun berlangsung di hadapan warga SMP Maria Goretti yang memenangkan  pasangan calon No.1 yaitu Sherly dan Yuyen.

“Terimakasih kepada seluruh guru, karyawan dan teman-teman semua telah mempercayakan kami menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023, semoga kami dapat menjalankan tugas dengan sebaik mungkin” tutur Sherlly selaku ketua OSIS terpilih.

Kristiawan Tri Wardana, S.Pd, dalam  kata penutup menyampaikan terimakasih dan sukses untuk komunitas SMP Maria Goretti.

“Semoga kegiatan ini akan menjadi tradisi dan budaya baik sekolah dalam membentuk karakter siswa yang mandiri berakar pada Pancasila dan tata nilai universal,” ucapnya.

Menurut Kritiawan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan juga dalam berdemokrasi.

“Selamat untuk ketua dan wakil ketua OSIS terpilih, selamat juga untuk kita warga sekolah SMP Maria Goretti, yang sudah bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Diharapkan untuk OSIS baru ini dapat memajukan sekolah tercinta kita SMP Maria Goretti menjadi lebih baik lagi” pungkas Ibu Cecilia Very Octarina selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMP Maria Goretti. (red)

Reporter : Regina & Pandu 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.