Home » Berjuang Melestarikan Kearifan Lokal, Caranya SD St Maria Rayakan Hari Pahlawan

Berjuang Melestarikan Kearifan Lokal, Caranya SD St Maria Rayakan Hari Pahlawan

oleh Redaktur Ytknews

Muntok, YTKNews.id—-SD Santa Maria Muntok punya cara berbeda untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November yang lalu. Siswa kelas 4,5,6 berkolaborasi bersama orang tua dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan membuat panganan lokal tradisional, otak-otak.

Anak2 SD St Maria berkolaborasi dalam pembelajaran

Kearifan lokal yang tergerus modernisasi diperjuangkan untuk terus eksis lewat kegiatan ini. Siswa juga belajar cara hidup berkelanjutan dengan membuat otak-otak. Proses pembuatan yang terbilang cukup rumit, membuat siswa merasakan butuh perjuangan untuk membuat panganan khas Bangka Belitung ini.

Walau pembuatan rumit dan perlu didampingi orang tua dan  guru, tampak para siswa sangat menikmati kegiatan ini. Antusias dan keseruan kegiatan tampak dalam setiap proses yang dikerjakan.

“Sekolah terus mengupayakan kolaborasi dengan berbagai pihak lewat berbagai kegiatan.Dalam program P5, sekolah menyisipkan pula kearifan lokal yang tidak dijumpai dalam buku teks pelajaran. Kearifan lokal perlu terus dilestarikan,” ungkap Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Muntok. (nys)

Peliput : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.