Home » Berkolaborasi Dengan Dinas Pertanian Bangka Barat, TK Maria Adakan Kegiatan Projek Membuat Pupuk Eco Enzyme

Berkolaborasi Dengan Dinas Pertanian Bangka Barat, TK Maria Adakan Kegiatan Projek Membuat Pupuk Eco Enzyme

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id–Terhitung kreatif. Begitulah yang terjadi di TK St Maria Mentok.  Pasalnya sekolah sekelas TK sudah mampu berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Barat.

Tepatnya, Rabu, 09 November 2022 TK Santa Maria mengundang narasumber dari Dinas Pertanian untuk melakukan pembuatan pupuk Eco Enzyme bersama-sama di sekolah. Kali ini tim yang datang dari dinas pertanian ada 3 orang. Mereka, adalah, Helda Erryani, SP, drh. Sri Sutiyatmini dan Dian Oktawika, SP.

Pada kesempatan kali ini. Helda Erryani menyampaikan bahwa Eco Enzyme itu adalah fermentasi dari limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran. Hal tersebut, menurut Helda, bisa dimanfaatkan menjadi sebuah pupuk.

Lalu kemudian ia menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pupuk tersebut, terdiri dari banyak unsur. Unsur-unsur ttu, seperti itu, kulit buah, sisa sayuran, toples, air sumur, air kelapa, gula merah, air cucian beras. Setelah itu saat selesai menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan,Helda memanggil salah satu anak (Cio) yang sedang mengamati untuk maju kedepan bersamanya dengan membantunya dalam membuatkan pupuk eco enzyme.

Selanjutnya, cio bersama Helda mencoba membuat pupuk eco enzyme dengan alat dan bahan yang sudah disediakan, dibantu juga dengan tim yang lainnya. Di sini, Helda menghimbau bahwa sisa sampah yang kita buang bisa didaur ulang menjadi pupuk. Oleh karena itu harapannya agar anak-anak  tahu sejak dini bahwa sisa sampah sayuran maupun buahan berguna bagi kehidupan terutama untuk pertumbuhan tanaman. *(sfn)*

anak-anak bersemangat mengikuti kegiatan

anak-anak bersemangat mengikuti kegiatan

Reporter : Ivana Situmeang

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.