Home » Di SD Santa Maria Muntok, Murid Belajar Menjadi Pekerja Media

Di SD Santa Maria Muntok, Murid Belajar Menjadi Pekerja Media

oleh Redaktur Ytknews

Muntok, YTKNews.id—Krucil, begitulah nama program terbaru di SD Santa Maria Muntok. Kepanjangannya adalah Kelompok Jurnalis Cilik. Tak hanya dokter cilik dan polisi cilik saja, menurut guru pencetus program ini, Suwito, jurnalis pun bisa berasal dari kalangan anak-anak usia SD. Di sinilah murid SD Santa Maria yang berminat dalam bidang jurnalistik,peliputan dan konten kreatif media menyalurkan minat mereka.

“Awalnya program ini dalam rangka memenuhi tugas akhir pendidikan Guru Penggerak yang sedang saya jalani, ternyata mendapatkan dukungan dari kepala sekolah, rekan guru, orang tua dan murid.” Ujar Suwito yang menjadi Guru Mandarin itu.

Di awal pembentukannya, pencetus yang juga pembina Krucil, mengadakan rapat dan curah pendapat bersama siswa. Dalam rapat perdananya, Krucil mengagendakan apa saja yang dapat murid-murid lakukan di klub belajar ini serta menentukan personil redaksi. Dalam Krucil sendiri, murid-murid SD Santa Maria belajar memimpin organisasi. Inilah program perdana di sekolah ini yang diketuai dan diurus langsung oleh siswa sendiri. Guru hanya menuntun dan memberikan arahan saja. Selanjutnya, ide-ide dan kreatifitas siswa diutamakan.

ketika beajar mewawancarai

Beberapa karya yang sudah dihasilkan oleh tim Krucil diantaranya membuat video ucapan HUT Bangka Belitung yang mendapatkan juara pada perlombaan November yang lalu dan mendesain flyer kegiatan sekolah.

“Selanjutnya, mereka juga dipercaya untuk belajar menulis liputan kegiatan sekolah, membuat flyer dan poster PPDB sekolah hingga membuat konten berkaitan dengan promosi sekolah, ” ujar Suwito.

Krucil adalah program pemberdayaan potensi murid di sekolah yang berusaha mengakomodir suara, pilihan serta kepemilikan murid. (***)

Liputan : Valentino-siswa SD St Maria

Editor : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.