Home » SD Regina Pacis Berwisata Sambil Belajar Mencintai Alam

SD Regina Pacis Berwisata Sambil Belajar Mencintai Alam

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungpandan, YTKNews.id—Pulau Belitung sering dikenal sebagai negeri laskar pelangi dengan keindahan pantai, pasir putih yang didandani dengan bebatuan granit. Namun, Belitung masih memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah menarik salah satunya Honey Queen Trigona Bee Farm.

Honey Queen Trigona Bee Farm ini berada di jalan tembus dari jalan Jendral Sudirman menuju ke pemandian Tirta Merundang Indah. Tempatnya sangat instagramable. Masih sangat asri, sejuk, dan bersih. Ada makanan yang enak juga spot foto yang bagus. Itulah kesan pertama kami anak-anak kelas 1 A dan B SD Regina Pacis Belitung saat berkunjung ke Honey Queen Trigona Bee Farm ini.

Honey Queen ini memang suatu wisata alam edukasi yang baru dan asing karena memang berdiri pada bulan juli tahun 2020 lalu di tengah badai Covid-19. Alasan berdirinya Honey Queen ini sederhana karena ada covid-19 dan madunya sungguh bermanfaat bagi kesehatan, kata Ibu Evi sebagai owner Honey Queen.

Honey Queen Trigona Bee Farm ini kami kelas 1 A dan B pilih sebagai tempat wisata edukasi karena memang layak untuk anak-anak SD kelas 1. Pertama tempatnya di alam dan kedua anak-anak bisa belajar mencintai alam sejak dini serta tahu apa itu lebah trigona yang dibudidayakan di sana.

Untuk sampai dilokasinya kami menggunakan 2 bus pariwisata. Anak-anak dan Bapak/Ibu pendamping, Pak Kaka, Ibu Reka dan Ibu Wanti sungguh menikmati perjalanan wisata ini. Jarak tempuhnya dari SD Regina Pacis Belitung waktu normal 1 jam 10 menit. Selama berada di sana kami ditemani 2 pemandu. Karena kami kelasnya besar jadi dibagi kedalam 10 kelompok untuk melihat dan mendengar penjelasan dari para pemandu mengenani cara memelihara alam dan merawat lebah madu trigona. Para pemandu dan anak-anak sungguh saling antusias. Nak-anak sungguh disiplin dan menikamti wisata alam edukasi ini.

Moment yang paling seru selama di sana adalah kami anak-anak semua diberi kesempatan untuk melihat secara langsung sarang lebahnya dan juga merasakan nikmatnya madu suguhan lembah Buluh Tumbang.

Meski jenis lebah trigona ini tidak berbahaya, tetapi  ada anak-anak yang takut disengat lebah dan tidak mau minum madunya. Namun karena diberikan penjelasan dari pemandu mereka akhirnya mau mencoba rasa madu trigona yang ada beberapa rasa; asem, manis dan sedikit pahit tapi manis di pangkal lidah. Bahkan ada anak-anak yang dapat minum madu lebih dari satu sendok.

Pelajaran berharga yang kami dapat dari para pemandu adalah perlu kesadaran untuk mencintai dan menjaga alam, karena kita semua butuh alam yang sehat. Semakin terjaga alam, semakin banyak bunga, nektar yang banyak untuk kebutuhan makanan lebah. Penasaran dengan Honey Queen Trigona Bee Farm ini? Mari berlibur ke sana sambil belajar tentang lebah trigona. (***)

Penulis : Kristo Mage

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.