Home » Ada Sesuatu Yang Terjadi Pada Awal Desember 2022 di SMA Santo Yosef, Apa itu?

Ada Sesuatu Yang Terjadi Pada Awal Desember 2022 di SMA Santo Yosef, Apa itu?

oleh Redaktur Ytknews

Pangkalpinang, YTKNews.id—Ada sesuatu yang terjadi pada awal Desember 2022 di SMA Sant Yosef Pangkalpinang. Tepatnya,  hari Senin sampai Selasa, 1 dan 2 Desember 2022. SMA Katolik satu-satunya di Provinsi Kepulauan Bangka  Belitung itu, mengadakan seminar tentang penyalahgunaan narkoba.

Ketika itu, SMA Santo Yosef mengundang Tien Afrila Adha, SKM dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini diadakan di GOR SMA Santo Yosef yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 dan 11. Pihak sekolah merasa bahwa seminar ini sangat penting dilakukan mengingat bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Kepala SMA Santo Yosef Frans, S.Pd. Ekop mengapresiasi gerakan anti narkoba ini. Dia berpendapat, siswa jenjang sekolah menengah memang perlu pembelajaran tentang bahaya narkoba.

Menurutnya, siswa usia sekolah menengah memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Karenanya, kecenderungan tersebut dimanfaatkan dalam bentuk penyuluhan anti narkoba.

Tien Afrila Adha, SKM membenarka]n pernyataan tersebut. Menurutnya kegiatan penyeluhan tersebut sengaja menyasar siswa sekolah menengah. Karena, siswa SMA tersebut tergolong anak pada usia labil.

“Syukurlah sekolah merespon dengan baik kunjungan BNN untuk melakukan penyuluhan. Saya harap lewat seminar ini anak-anak kita khususnya setara SMA tidak mudah terpengaruh, apalagi coba-coba jadi pengguna obat-obatan terlarang.”pungkas Tien.

Dalam seminar ini, Tien menyajikan materi tentang apa itu narkoba, jenis-jenisnya, bahayanya untuk kesehatan, dan hukum yang bisa mejerat para pengguna dan bandar narkoba. Dari sisi hukum, formal negara, khususnya UU Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika, juga mengamatkan hukuman berat bagi bandar,pengedar dan pemakai narkoba. Minimal 5 tahun penjara, maksimal seumumur hidup dan bahkan hukuman mati.

Narkoba juga tergolong barang berbahaya. Pengaruhnya tidak hanya merusak kesehatan secara pisik, tetapi juga membuat mereka yang kecanduan menderita penyakit rohani berkepanjangan.

“Maka kami berharap adik-adik SMA Santo Yosef bisa menjauhi narkoba. Terlebih kalian adalah bagian dari generasi penerus bangsa, sekaligus kau yang akan berperan aktif dalam kemajuan masa depan bangsa dan negara.”pesan Tien kepada siswa-siswi SMA Santo Yosef.

Seminar ini berjalan sangat sukses dengan diwarnai sesi tanya jawab yang memperliatkan antusiasme dari para siswa. Hal ini membuktikan bahwa para siswa menyadari dampak bahaya penyalahgunaan narkoba. (sfn/nys)

Penulis : Alexia Dea 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.