Home » SMA Santo Yosef Bangun Karakter Peserta Didik Lewat Kegiatan Rekoleksi

SMA Santo Yosef Bangun Karakter Peserta Didik Lewat Kegiatan Rekoleksi

oleh Redaktur Ytknews

YTKNews.id—Karakter  dapat didefinisikan sebagai cara berpikir dan berprilaku seseorang dalam mencerminkan dirinya baik secara individu, keluarga, masyarakat, maupun lingkup bernegara. Karakter seseorang  bisa terbentuk  sejak dari kecil.

Pembentukan karakter sangat erat hubungan dengan  nilai-nilai agama, kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti. Pembentukan karakter harus sejalan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman. Apalagi diera sekarang perkembangan zaman diikuti dengan pergeseran moral dan budaya.

Melihat situasi ini, SMA Santo Yosef berusaha membangun karakter peserta didik lewat kegiatan rekoleksi yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 November. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI. Untuk kelas X dilaksanakan di Lavita dan kelas XI dilaksanakan di Pantai Temberan. Kegiatan rekoleksi ini bertujuan untuk membangun karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang tangguh dan bertanggngjawab serta berani menghadapi tantangan.

game dalam rekoleksi

Rekoleksi menjadi saat bagi siswa untuk untuk berhenti sejenak dari aktivitas rutin dan merefleksikan hidup kita untuk menenmukan jati diri. Dalam prakteknya para siswa dituntut untuk  bisa menyesuiakan diri dengan berbagai macam dan bentuk tuntutan hidup.

Dibutuhkan karakter yang kuat untuk menghadapi berbagai kendala dan tantangan zaman. Oleh karena itu, kesempatan berekoleksi juga menjadi sarana bagi mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai macam tuntutan dan pilihan hidup yang kadang arus perubahannya tidak bisa dibendung.

Rekoleksi bukan sekedar mendengarkan ceramah agama atau moral, juga bukan renungan panjang atau ceramah kitab suci dan teologi. Pengalaman hidup yang dirasakan oleh peserta rekoleksi itu sendiri yang menjadi objek yang ditelusuri dalam rekoleksi.

para peserta rekoleksi

Kegiatan yang disajikan saat rekoleksi membuat para siswa sangat antusias. Mereka sangat menikmati berbagai macam permainan yang disiapkan oleh panitia. Rekoleksi semakin menarik dengan adanya sesi dinamika kelompok yang membuat suasana menjadi lebih seru. Kegiatan rekoleksi ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun. (xia)

Penulis : Alexia Dea

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.