Home » Jalan Ini Yang Dipilih, Komunitas Sekolah Maria Goretti Tidak Pulang Melalui Jalan Lain

Jalan Ini Yang Dipilih, Komunitas Sekolah Maria Goretti Tidak Pulang Melalui Jalan Lain

oleh Redaktur Ytknews

Sungailiat, YTKNews.id—-Mengawali semester genap, komunitas TK, SD, dan SMP Maria Goretti menunjukkan semangat komunio dan kekompakannya. Pasalnya, perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 secara bersamaan. Perayaan ini dirancang oleh pengurus Pastoral Sekolah bersama dengan panitia yang sudah dibentuk. Perayaan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 13-14 Januari 2023.

Komunitas Sekolah Maria Goretti ini mengusung tema yang tidak jauh berbeda dengan tema Natal Nasional. Walaupun hampir sama dengan tema natal nasional, tetapi tetapi tema Natal Komunitas Maria Goretti ini lebih unik. Mereka mengganti tema “mereka pulang ke negerinya melalui jalan lain,” dengan tema yang terhitung unik berikut ini.

“Dengan penuh rasa syukur, kita pulang melalui jalan kasih dan solidaritas” itulah temanya. Sebab, peristiwa natal bersama ini menjadi momen syukur bagi keluarga besar komunitas Maria Goretti untuk lebih berbagi kasih pada sesama.

penampilan tari kreasi SD

Kegiatan tersebut di awali dengan misa syukur bersama pada Jumat, 13 Januari 2023, di Gereja Paroki Maria Pengantara Segala Rahmat. Misa dipimpin oleh Romo Yohanes Agus Riyanto, MSF. Dalam khotbahnya Romo menyampaikan pesan untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam keseharian.

“Kita harus selalu mengandalkan Allah dalam segala usaha yang kita kerjakan, dan lebih melihat serta peduli sesama sepanjang tahun ini” tutur Romo yang sering dipanggil Romo Agus itu.

Perayaan meriah berlangsung pada Sabtu, 14 Januari 2023 di aula SD Maria Goretti dan dihadiri oleh seluruh siswa TK,SD, SMP Maria Goretti beserta para guru dan karyawan, dan tak ketinggalan tamu undangan dan beberapa perwakilan orang tua juga tampak hadir.

Acara tersebut tampak meriah karena adanya penampilan dari masing-masing unit. Penampilan ini juga menjadi momen untuk berkreasi dan berekspresi bagi peserta didik. Mulai dari penampilan angklung, gerak dan lagu dari siswa TK, dilanjutkan penampilan Piano, gerak dan lagu, serta tari kreasi dan modern dance dari siswa SD, dan tak ketinggalan penampilan dari siswa SMP yaitu menyanyi solo, tari kreasi serta modern dance. Selain itu, terlihat sosok Santa Claus untuk memeriahkan acara tersebut, dan menjadi model untuk melengkapi kebersamaan tersebut.

Di sela acara, MC mengundang ketiga Kepala Unit untuk naik ke atas panggung untuk ditanyai beberapa pertanyaan terkait kesan dan pesan para kepala unit atas terselenggaranya perayaan besar bagi komunitas TK, SD, SMP, melihat ternyata sudah hampir 3 tahun tidak ada perayaan bersama seperti ini.

gerak dan lagu TK

Kristiawan Tri Wardana, S.Pd.Ing, selaku kepala SMP melontarkan kembali pertanyaan MC ke seluruh peserta didik yang hadir. Ia menyampaikan bahwa kesan dan perasaannya mewakili seluruh peserta didik tersebut. “Sukacita pastinya itu yang memenuhi perasaan saat ini, sama seperti yang dirasakan anak-anak kita” tutur Kristiawan.

Ia menambahkan bahwa acara ini bukan sekedar pesta, melainkan bentuk syukur atas tahun 2022 yang sudah terlewati dan semangat baru untuk menjalani tahun 2023 dengan lebih berbelas kasih dan solid terhadap sesama.

Maria Veronika, S.H, selaku kepala SD menambahkan bahwa perasaannya juga sangat bahagia dan bersyukur atas terselenggaranya acara ini. “Syukur dan bahagia sekali, apalagi persiapan acara serta penampilan anak-anak hanya disiapkan dalam waktu seminggu” tambah Maria.

Dan terakhir, Putri Retno Rahayu, S.Pd, selaku Kepala TK menyampaikan bahwa yang dirasakan peserta didik juga mewakili kesan yang beliau rasakan. “Kegembiraan, kebahagiaan yang terpancar dari peserta didik itu yang terkesan bagi saya atas perayaan ini” tutur Putri.

Acara tersebut tak kalah heboh karena adanya pembagian doorprize yang telah disiapkan oleh komite, dengan syarat peserta yang paling bersemangat dalam menari bersama seluruh guru dan karyawanlah yang mendapat doorprize.

Dan kegiatan diakhiri dengan makan bersama di kelas masing-masing, sebagai bentuk kebersamaan dan solidaritas antar sesama. (sfn)

tari kreasi SMP

Flashmob guru, karyawan dan murid

Reporter: Fristy Yasinta Tarigan, S.Pd

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.