Home » Kenangan Orang Nomor Satu Bangka Belitung Selama Bersekolah di Santa Maria Muntok

Kenangan Orang Nomor Satu Bangka Belitung Selama Bersekolah di Santa Maria Muntok

oleh Redaktur Ytknews

Muntok, YTKNews.id—-“Walaupun kita dari kota kecil, Mentok, kita jangan minder. Kita tidak kalah saing dengan anak-anak muda dari kota besar, apalagi jebolan Santa Maria ini!” tangkas Ridwan Djamaluddin, Pj.Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat mengunjungi almamaternya di SD Santa Maria Muntok 14 Januari 2023.

Kenanganan mengenyam pendidikan di Santa Maria Muntok merupakan hal yang tidak dapat dilupakan oleh orang nomor 1 di Kepulauan Bangka Belitung itu.  Ridwan Djamaluddin yang dilantik sebagai pelaksana jabatan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada pertengahan 2022 yang lalu merupakan alumni SD Santa Maria Muntok angkatan 1975 dan lulus SMP Santa Maria pada 1979.

Dalam foto berikut Penjabat Gubernur Babel sempatkan diri duduk di teras yang dulu jadi tempat tongkrongan bersama teman-teman di SD St Maria Mentok

Salah satu semangat dan nilai hidup yang dapat ia petik hingga saat ini sebagai alumni Santa Maria adalah nilai disiplin. Ia mengaku, dirinya saat ini masih mempertahankan kedisiplinan diri sendiri berkat tempaan selama menempuh pendidikan di sekolah di bawah naungan Yayasan Tunas Karya tersebut.

“Saat kami kelas 5 atau 6 SD kepala sekolah dan beberapa guru adalah suster dari Belanda yang sangat disiplin dalam mendidik. Selain kedisiplinan, selama bersekolah di Santa Maria saya merasa dekat dengan guru-guru saya di sini. Walau mereka sangat disiplin terhadap muridnya, mereka merangkul. Dan sebagai murid kami tetap hormat kepada guru.” Kenang putra bungsu dari 5 bersaudara itu.

Dalam kesibukannya sebagai pemimpin daerah, Ridwan menyempatkan diri untuk pulang ke Muntok saat akhir pekan. Ia juga dikenal sebagai sosok rendah hati serta supel. Beberapa teman semasa sekolah di Santa Maria masih sempat bercengkrama saat Ridwan ada di Muntok.

“Pak Ridwan ini saat di Santa Maria selalu ranking, tetapi dia tetap gampang bergaul dengan kami,” pungkas seorang teman satu almamater Ridwan saat ikut mendampinginya di Aula SD Santa Maria Muntok.

Ridwan juga menceritakan saat bersekolah di SD dan SMP Santa Maria semangat untuk berjuang dan berprestasi sangat tinggi. Mereka juga diberi wadah untuk berkreasi dan mengembangkan bakat minatnya.

ketika orang nomor 1 Babel bernostalgia di SD St Maria

“Kami dulu sering ikut berbagai perlombaan, terutama voli dan sepak bola. Juga suka belajar bersama, membuat aneka kerajinan tangan bersama, mengkreasikan mading, dan lain-lain,” cerita Ridwan.

Ridwan berharap putra daerah, terutama dari Muntok, jangan minder dan menutup diri jika bekerja atau melanjutkan pendidikan di luar Bangka Belitung. Ia menegaskan anak muda dari kota kecil seperti Muntok ini banyak potensi yang tak kalah dengan orang-orang di kota besar bahkan di luar negeri.

“Kita mampu bersaing dan tidak kalah dengan anak-anak kota besar, apalagi jebolan Santa Maria!” tandas Ridwan yang juga menyelesaikan pendidikan magisternya di University of Twente, Belanda 1993, dan doktoral di Texas A&M University, Amerika Serikat 1999 itu. (lao tse)

Galeri nostalgia orang nomor satu Provinsi Bangka Belitung di almamaternya, SD St Maria Mentok

Reporter : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.