Home » Acara di SD St Yusuf Karimun Ini, Dikemas Sebagai Motivasi

Acara di SD St Yusuf Karimun Ini, Dikemas Sebagai Motivasi

oleh humas YTK

Tanjung Balai Karimun, YTKNews.id – Rekoleksi dikemas dalam bentuk motivasi dilaksanakan SD Santu Yusuf Karimun pada tanggal 7 hingga 8 Februari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas VI beserta orang tua.

Hebatnya, narasumber yang diundang merupakan seorang motivator Kabupaten Karimun yaitu Rica Irma Dhiyanti, M.Si yang akrab disapa Ibu Ica. Rekoleksi kali ini mengangkat tema “Menjadi Anak Cerdas dalam Menghadapi Masa Depan yang Gemilang’. Rekoleksi yang rutin diselenggarakan oleh pastoral sekolah ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik kelas VI menghadapi Penilaian Akhir Semester.

Dalam kata sambutannya Benediktus Slamet, S.S. selaku Kepala Sekolah menyatakan bahwa siswa SD Santu Yusuf harus menjadi anak cerdas seperti juga motto sekolah ‘Buka Pikiran, Sentuh Hati, Bentuk Masa Depan’.

“Anak-anak harus cerdas dan berkarakter sehingga dapat membedakan yang baik dan benar untuk masa depan. Hari ini hal tersebut akan dikupas tuntas bersama narasumber yaitu Ibu Ica,” tutur Slamet.

Orang tua dan siswa mengikuti rekoleksi. Foto : Andreas Eko

Orang tua dan siswa mengikuti rekoleksi. Foto : Andreas Eko

Leni Sitohang salah satu orang tua peserta didik setelah mengikuti kegiatan rekolesi, mengatakan bahwa acara ini sangat bagus dan menarik sehingga saya semakin dapat membangun interaksi yang lebih baik dengan anak saya.

“Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan untuk jenjang kelas yang lebih rendah, seperti kelas satu sampai kelas tiga supaya orang tua dapat mendidik anak-anak dengan benar karena hari ini menjadi sadar masih belum tepat dalam mendidik anak,” imbuh Lita, orang tua siswa lainnya.

Senada dengan Leni dan Lita, orangtua peserta didik yang lain, Minarti menyarankan acara seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala setiap tahun.

“Rekoleksi ini baik karena dapat mengenal kepribadian anak kita masing-masing. Orang tua mendidik anak dengan lebih baik seperti yang telah didapat dari Bu Ica mendidik anak adalah amanah, panggilan, ibadah, seni aktualisasi, kehormatan, dan pelayanan,” tutur Minarti.

Kresna salah satu peserta didik merasa bersyukur dan berterima kasih karena melalui rekoleksi ini ia semakin dekat dengan sang ibu.

“Terima kasih memiliki ibu yang mengerti, dan saat ini semakin lebih dekat dengan ibu yang ikut hadir mendampingi,” kata Kresna.

“Pelajaran yang didapat hari ini adalah kami menjadi lebih kompak dan lebih akrab bersama orang tua,” sambung Xaveria Crystal.

Di akhir kegiatan Bu Ica menekankan bahwa yang terpenting dalam mendidik agar nak merasa dicintai dan gunakan mata untuk mencintai anak, bukan sedikit-sedikit memarahi anak.

“Terima kasih kepada Ibu Ica yang dalam kesibukannya dapat meluangkan waktu untuk memberikan motivasi khususnya bagi orang tua dan peserta didik kelas VI SD Santu Yusuf,” tutup Slamet.

Sampai penutupan kegiatan rekoleksi, seluruh peserta didik dan orang tua mengikuti rangkaian kegaiatan dengan sangat antusias hingga akhir. Hari pertama dikhususkan bagi kelas VI A dan hadir sekitar 54 peserta didik dan orang tua, begitu juga dengan peserta hari kedua. *(sfn/nys)*

Kepala Sekolah memberikan tanda terima kasih kepada motivator. foto : Andreas Eko

Kepala Sekolah memberikan tanda terima kasih kepada motivator. foto : Andreas Eko

Reporter : Sri Wahyuni, Andreas Eko Joko

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.