Home » Rekoleksi Siswa SD St Theresia I Pangkalpinang Dikemas Secara Menarik, Berikut Fakta dan Rinciannya!

Rekoleksi Siswa SD St Theresia I Pangkalpinang Dikemas Secara Menarik, Berikut Fakta dan Rinciannya!

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Rekoleksi peserta didik kelas VI SD Santa Theresia I Pangkalpinang kali ini hanya dilaksanakan satu hari. Lantas, rekoleksi yang dilaksanakan 11 Februari 2023 itu mengusung tema reflektif ‘Bertumbuh dalam Kasih Persaudaraan’.

Kegiatan rekoleksi kali ini tidak hanya melibatkan guru agama dan wali kelas saja namun melibatkan seluruh guru dan karyawan yang turut serta mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Kepala Sekolah SD Santa Theresia I, Siau Lie, S.Pd.SD, menyampaikan dalam kata sambutan bahwa tujuan dari diadakan kegiatan rekoleksi ini agar menumbuhkembangkan karakter peserta didik, membentuk mental yang tangguh dalam menghadapi masa depan dan sekaligus menjadi kesempatan untuk menjalin kasih persaudaraan bersama guru dan karyawan.

Para peserta didik terlihat begitu antusias dan semangat ditambah dengan narasumber yang seru dan dapat membangkitkan semangat siswa dengan pembawaan yang dikemas dengan menarik.

“Saya sangat senang sekali diberi kesempatan bisa mengikuti kegiatan seperti ini. Narasumber yang membawakan juga menarik. Dengan kegiatan seperti ini karakter saya dibentuk dan sekaligus menjadi refleksi saya untuk terus semangat dalam mengejar cita-cita,” ujar salah satu peserta.

Para siswa mengikuti sesi rekoleksi

Para siswa mengikuti sesi rekoleksi

Sesi I

Di dalam sesi ini para peserta didik diajak untuk bernyanyi dan bergoyang yang dipandu langsung oleh Suster Dona, KKS dan Suster Felicitas, KKS.  Para Peserta didik masuk ke dalam kelompok yang telah dibagi. Masing-masing kelompok didampingi oleh dua guru. Hal ini bertujuan agar para peserta didik nyaman dan membangun suasana kekeluargaan.

Sesi II

Setelah selesai dengan dinamika yang seru, para peserta didik menonton film singkat dan reflektif. Hal ini bertujuan agar para peserta didik konsentrasi dan fokus sebelum masuk ke dalam materi inti.

Sesi III

Dalam sesi inti, ditekankan bahwa dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan pertumbuhan karakter yang harus dibangun dari hari ke hari. Selain membangun karakter juga membangun niat yang baik sangat dibutuhkan.

Sesi IV

Setelah selesai materi inti para peserta didik diajak untuk mengikuti bermacam permainan outbond yang telah disiapkan. Dalam kegiatan ini guru karyawan juga terlibat dalam permainan sehingga menambah keseruan dan kebersamaan dalam keluarga.

Sesi V

Sesi selanjutnya yakni sesi dimana guru yang telah dibagi dalam kelompok-kelompok bersama siswa mulai sharing mengenai kenangan – kenangan baik yang telah terjalin selama ini bersama siswa begitu juga sebaliknya.

Sesi VI

Sesi penutup ditutup dengan Ibadat penutup bersama. Dalam Ibadat baik peserta didik maupun guru karyawan mempersembahkan niat-niat yang baik kepada Tuhan lewat penancapan lilin kecil.

“ Saya sungguh sangat senang dan bersyukur karena bisa terlibat bersama guru dan karyawan SD Santa Theresia I Pangkalpinang dalam kegiatan rekoleksi siswa siswi kelas VI. Secara pribadi saya mengatakan kegiatan rekoleksi ini sangat baik apalagi dengan melibatkan guru karyawan sehingga hasilnya bisa maksimal. Suskes selalu untuk SD Santa Theresia I Pangkalpinang,” pungkas Suster Lusi, KKS sebagai narasumber utama.

Kepala sekolah berfoto bersama para narasumber

Kepala sekolah berfoto bersama para narasumber

Reporter : Tim Humas SD St Theresia 1

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.