Home » Berawal dari Hobi, Siswa SMP Yos Sudardo Raih Juara 1 Lomba Catur BINUS Chess Cup 2023

Berawal dari Hobi, Siswa SMP Yos Sudardo Raih Juara 1 Lomba Catur BINUS Chess Cup 2023

oleh Redaktur Ytknews

Batam, YTKNews.id—Siswa SMP Yos Sudarso, Hannes Fernando berhasil menjuarai turnamen catur yang diadakan sekolah Bina Nusantara (Binus) Batam pada bulan Februari yang lalu.

Siswa yang kini duduk di kelas IX ini bercerita awal mula ia tertarik dengan catur ketika duduk di kelas III SD, ia diajak main catur sama ayah. Itu awal mula pertama kali untuk mulai bermain catur.

Lama-kelamaan Hannes tertarik dengan catur sehingga kelas IV SD mulai mengikuti ekstra kurikuler catur di sekolah. Lantas, karena mengikuti kegiatan tersebut ia bertemu dan bermain catur dengan banyak teman.

Berkat latihan dan kerja kerasnya, ia sering dipercayakan sebagai perwakilan  sekolah untuk mengikuti turnamen catur yang diadakan dalam sekolah maupun antar sekolah di kota Batam. Hannes sudah membuktikan kepiawaiannya dalam bermain catur. Terlihat  dalam setiap turnamen, ia mampu menjuarai kompetisi tersebut.

Sebut saja, sewaktu duduk di kelas V, ia berhasil  meraih juara 1 dalam even class meeting yang diadakan sekolah. Ia juga berhasil meraih juara 3 dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD. Di kelas VI (enam) SD, ia pernah mengikuti International Chocolate Chess Competition 2019 dan berhasil meraih juara 1.

Pandemi Covid-19 lalu sempat membuat langkahnya terbatas. Namun ia tidak mengubur mimpinya untuk terus menoreh prestasi.

“Semenjak pandemi Covid-19, saya lebih banyak bermain di platform online. Jadi, saya banyak bermain dengan orang luar,” imbuh Hannes.

Setelah keadaan membaik, sekolah kemudian memberlakukan  pembelajaran tatap muka. Ini merupakan langkah selanjutnya bagi Hannes untuk mengasah potensi diri. Even yang pertama sekali ia ikuti saat duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah Class Meeting.

Ini merupakan even yang  diselenggarakan oleh sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dan wadah penyalur bakat para peserta didik. Hannes berhasil meraih juara 1 dalam turnamen catur pada saat itu.

Baru-baru ini, ia menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti turnamen catur BINUS kelompok SMP Putra. Selama pertandingan berlangsung, rasa rivalitas yang tinggi merupakan hal yang paling berkesan baginya. Setelah melewati 5 babak penyisihan, akhirnya ia ditetapkan sebagai juara 1 dalam turnamen tersebut.

Rasa bahagia ia tuturkan dalam bentuk ucapan terima kasih untuk semua dukungan dari bapak dan ibu guru SD dan SMP Yos Sudarso, teman-teman terutama keluarga yang selalu memberi dukungan penuh terhadapnya.

Kecintaanya dengan catur membuat ia ingin melanjutkan kegemarannya hingga ke kancah internasional.

“Saya berharap untuk ke depannya, bisa lebih meningkatkan lagi performa saya dengan mengikuti lebih banyak turnamen catur yang ada hingga bisa masuk ke tingkat provinsi, nasional dan sampai internasional,” pungkasnya. (red)

Kontributor : Humas SMP Yos Sudarso

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.