Home » Sukses Laksanakan Pemilu OSIS ala Pemilu Presiden, SMP Katolik Tanjungpinang Tuai Pujian Alumni

Sukses Laksanakan Pemilu OSIS ala Pemilu Presiden, SMP Katolik Tanjungpinang Tuai Pujian Alumni

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungpinang, YTKNews.id—Siapa bilang pemilu hanya untuk usia 17 tahun ke atas?,  nyatanya siswa SMP  juga bisa ikut pemilu. Demi melatih dan mengenalkan  demokrasi kepada  peserta  didik,  SMP Katolik Tanjungpinang  mengadakan  Pemilihan Ketua Osis (PILKETOS) masa bakti  2023-2024 di  aula Bukit Tabor,  tepatnya pada hari Senin, 3 April 2023.

Kegiatan yang berlangsung sukses dan lancar tersebut tuai pujian alumni di sosial media. “ SMP Katolik Tanjungpinang semakin di depan,” ujar Cosmas Silaban. “SMP kita dulu semakin is the best,” tambah Theodore Gazali. Tak hanya itu, Sardi Aweijiawei juga menambahkan komentarnya “Saya doakan semakin ke depan anak-anak kita dapat dibina dengan baik, yang penting SMP katolik semakin di depan, membawa attitude, ramah tamah, sopan dan rendah hati.

Melalui tahap demi tahap seleksi seperti wawancara dan PBB, akhirnya terpilihlah tiga pasangan calon ketua dan  wakil  ketua OSIS. Adapun ketiga pasangan calon kandidat yaitu Christine Green Flower Sihombing dan  Maria  Charitas Bengan Putri sebagai pasangan calon nomor satu, Fiorenza Margareth  Fanera Kira dan Vincentcia Paramasinta sebagai pasangan calon nomor dua, dan Charity Cresentia  dan  Audrey Wilfi Susana sebagai calon nomor tiga.

guru pun menjoblos

Pesta demokrasi yang  berlangsung 2,5 jam tersebut,  tak hanya diikuti oleh  seluruh  peserta didik. Namun juga diikuti  oleh para guru dan karyawan. Sebelum memilih, para pasangan calon berkampanye menyampaikan visi dan misi lalu dilanjutkan dengan proses memilih.. Berdasarkan  hasil  rekapitulasi, dari  233 pemilih diperoleh  227 suara sah dan 6 yang dinyatakan tidak sah. Pasangan nomor satu mendapat 189 suara dan secara otomatis terpilih menjadi ketua dan wakil  ketua OSIS masa bakti 2023-2024.

Felix Dore,S.Pd sebagai wakil kepala sekolah mengatakan bahwa setiap  peserta didik harus  belajar berdemokrasi agar menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, jujur, dan adil.

“ Kami mengucapkan terima kasih kepada  teman-teman sekalian  yang   sudah   memilih  dan mempercayakan kami sebagai ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2023-2024,” ujar Christine selaku Ketua OSIS yang terpilih.

Milawati, S.Pd selaku pembina OSIS juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu proses terlaksananya kegiatan ini. “ Terima kasih kepada pengurus OSIS yang lama dan semua pihak yang sudah mempersiapkan acara ini sehingga bisa terlaksana dengan baik,” ujar Milawati. Menurutnya, hal ini sebagai pembelajaran bagi peserta didik bagaimana menjalankan demokrasi yang baik. Peserta didik menjadi mengalami dan tahu bagaimana proses pemilihan umum yang benar. (nys)

aktivitas “pemilu” SMP Katolik

Reporter : Milawati

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.