Home » Serunya Rekoleksi Siswa Kelas VI SD Maria Goretti, Sejalan dengan Tema 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang

Serunya Rekoleksi Siswa Kelas VI SD Maria Goretti, Sejalan dengan Tema 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang

oleh Redaktur Ytknews

Sungailiat, YTKNews.id— Baru-baru ini diadakan rekoleksi siswa kelas VI SD Maria Goretti. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Pesona Bay tersebut diikuti seluruh siswa kelas VI tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 44 orang. Dengan tema yang sejalan dengan tema tahun syukur Keuskupan Pangkalpinang, “Sukacita Menjadi Pribadi Partisipatif Berpusat Pada Kristus”.

Maria Veronika, S.H., selaku kepala sekolah mengatakan bahwa rekoleksi ini merupakan program yang selalu diadakan setiap tahunnya bagi siswa-siswi kelas VI. “Tujuannya untuk membekali mereka dalam melihat kembali kehidupannya, dengan merenung dan menemukan hal baik untuk mengembangkan karakter dan kepedulian terhadap sesame,” tutur Maria.

Ia menambahkan bahwa selain menanamkan nilai-nilai agama dan kepribadian yang baik, rekoleksi ini juga diharapkan semakin memberi sukacita dan kegembiraan bagi siswa-siswi serta terjalinnya kerjasama dan kebersamaan yang erat setelahnya.

Kegiatan di awali dengan misa yang dipimpin oleh Pastor Paroki Sungailiat yang tidak lagi asing itu, Romo Antonius Suyata, MSF atau Romo Toni beliau sering dikenal.

ketrangan foto : siswa bersama guru membuat yel

Dalam khotbahnya Romo Toni menyampaikan bahwa anak-anak harus bisa meneladani hal-hal yang baik dari manapun, lebih bijak dalam membawa diri, harus siap untuk menerima setiap tantangan, serta selalu peduli terhadap mereka yang membutuhkan.

Setelah misa, kegiatan dilanjutkan dengan dinamika kelompok dan penyampaian materi. Dalam dinamika kelompok yang dipimpin oleh Bapak Arief Pandu dan Ibu Fristy Tarigan, seluruh siswa bersama guru diajak untuk saling berdinamika membuat yel-yel yang sejalan dengan tema dan beberapa permainan kelompok yang mengundang tawa dan keriuhan di gedung restoran yang tak terlalu luas tapi sangat menyejukkan itu.

Penyampaian materi dibagi menjadi 2 sesi dari dua narasumber yang sudah handal dibidangnya. Sesi pertama dengan materi “Pribadi yang Mengenal Allah dan Diri Sendiri” dibawakan dengan sangat menarik oleh Ibu Theresia Ndari Winarsih. Tampak keseruan dan antusiasme siswa dalam mengikuti sesi ini karena dibawakan dengan menarik dan melibatkan seluruh siswa untuk bersama-sama memahami materinya dengan berbagai metode.

Sesi kedua tak kalah seru, dibawakan oleh Bapak Yohanes Seran Tahuk, S.Ag yang merupakan guru agama di SMP Maria Goretti itu. Dengan materi “Pribadi yang Berpartisipasi dan Menjadi Berkat”, siswa diajak menonton sebuah video yang menggerakkan mereka untuk mau menjadi berkat terhadap sesama, terutama bagi orang yang sangat membutuhkan.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan sayonara. Tampak juga perwakilan komite sekolah hadir mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir. (***)

para siswa sedang berdiskusi
suasana saat misa

Reporter: Fristy

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.