Home » Uniknya Perayaan Idulfitri dan Paskah yang Lalu di SD St Paulus II Pangkalpinang

Uniknya Perayaan Idulfitri dan Paskah yang Lalu di SD St Paulus II Pangkalpinang

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id—Baru-baru ini, ada dua perayaan keagamaan yang berdekatan waktunya, perayaan Paskah untuk umat Kristiani dan perayaan Idul Fitri untuk umat Muslim. Berikut ini, YTKNews, coba menelusuri dua perayaan iman itu yang terjadi di SD Santo Paulus II Pangkalpinang.

Untuk menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1444, sekolah Katolik milik SD Paulus II Pangkalpinang mengadakan kegiatan lomba menggambar dan mewarnai masjid. Lomba mewarnai diikuti oleh siswa kelas 1, 2 dan 3 sedangkan siswa kelas 4, 5 dan 6 lomba menggambar yang dilaksanakan pada Sabtu 29 April 2023.

Yosef mengutarakan maksud dari pelaksanaan lomba ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan sikap toleransi siswa diantara mereka untuk saling menghargai dan menghormati sebagai sesama umat beragama.

Ia menjelaskan dari hasil kegiatan lomba menggambar dan mewarnai hasil yang di dapat adalah semua anak memiliki tingkat kreatifitas dan pola pikir yang berbeda satu sama lain. Hal ini dapat dilihat dari hasil mewarnai dan menggambar anak-anak yang meskipun diberikan satu gambar yang sama, namun hasil menggambar dan pewarnaan yang mereka lakukan tidak ada yang sama, sekalipun sama pasti terdapat beberapa perbedaan baik dari segi cara menggambar atau mewarnai maupun pengaplikasian warna pada gambar yang diberikan.

“Ini merupakan inovasi dan kreatifitas siswa SD Santo Paulus II dalam perayaan hari raya keagamaan salah satunya Hari Raya Idul Fitri. Sekolah sebagai tempat sarana dalam mengembangkan bakat dan minat siswa selalu mendorong dan mendukung setiap kegiatan siswanya,” ungkapnya.

Lomba Pada Perayaan Paskah yang Lalu

Untuk Perayaan Paskah, SD Katolik milik Yayasan Tunas Karya (YTK) ini,  menjalani sebuah lomba yang sudah jadi tradisi lomba Setiap perayaan paskah, yakni, menghias telur.

Telur yang sudah direbus dihias dengan cat beraneka warna dan diberi hiasan sesuai kreatifitas anak-anak kemudian dapat dibagi-bagikan dengan temannya. Dari hasil karya yang dibuat, berbagai karya pun mulai tercipta. Meski semua menghasilkan karya yang cantik dan unik, namun panitia hanya mengambil tiga terbaik dari masing-masing kelas sebagai pemenang.

Lomba menghias telur paskah ini digelar sebagai upaya untuk lebih memeriahkan paskah. Inilah Kemeriahan Perayaan Paskah bersama di SD Santo Paulus II Pangkalpinang Jumat 28 April 2023.

Berbagai kegiatan yang digelar menyambut kemeriahan paskah misalnya lomba mencari telur dan lomba menghias telur. Kegiatan tersebut berlangsung seru. Pasalnya, anak-anak kelas 1, 2 dan 3 melakukan Lomba mencari Telur dan uniknya untuk menentukan pemenang juara tidak ditentukan berdasarkan berapa banyak telur yang didapat, melainkan siapakah yang menemukan telur yang dibungkus kertas berwarna emas, kuning dan ungu itulah pemenangnya.

Sedangkan siswa kelas 4, 5 dan 6 mengikuti lomba menghias telur. Dari hasil karya yang dibuat berbagai karya pun mulai tercipta, “Meski semua menghasilkan karya yang cantik dan unik, namun panitia hanya mengambil tiga terbaik dari setiap kelas yang diikuti,” ujar Yosef Fallo, S.Ag selaku Kepala Sekolah.

“Lomba mencari telur dan menghias telur paskah ini digelar tidak hanya sekedar untuk kemeriahan semata melainkan juga untuk meningkatkan iman dan kreatifitas siswa,” pungkasnya. (nys/sfn)

Menghias telur paskah
Menghias telur paskah
Mewarnai masjid
Mewarnai masjid

Kontributor : Gusti Agung

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.