Home » Perpustakaan SD Maria Goretti Hadir Dengan Nuansa Baru, Hingga Dijadikan Tempat Terfavorit di Jam Istirahat

Perpustakaan SD Maria Goretti Hadir Dengan Nuansa Baru, Hingga Dijadikan Tempat Terfavorit di Jam Istirahat

oleh Redaktur Ytknews

Sungailiat, YTKNews.id—Perpustakaan menjadi sebuah tempat yang sering dikunjungi siswa-siswi SD Maria Goretti belakangan ini. Mengapa demikian?

Ternyata ada hal yang baru di perpustakaan SD Maria Goretti saat ini. Perpustakaan SD Maria Goretti hadir dengan sistem terbaru yang memanfaatkan teknologi di dalamnya. Pemanfaatan teknologi dilakukan dari proses pengisian daftar pengunjung hingga peminjaman dan pengembalian buku dari perpustakaan tersebut.

Dewi Susanti, A.Ma.Pust selaku pustakawati yang mengelola perpustakaan SD Maria Goretti menyampaikan bahwa hal ini dilakukan untuk menambah daya tarik siswa-siswi untuk berkunjung ke perpustakaan.

Siswa menscan kartu perpustakaan ketika memasuki perpustakaan
Siswa menscan kartu perpustakaan ketika memasuki perpustakaan

“Kita sebut ini sebagai sistem otomasi. Jadi siswa-siswi yang berkunjung tidak lagi menulis saat mengisi buku pengunjung dan meminjam buku. Semua sudah dalam satu sistem, jadi mereka tinggal scan saja,” tutur Dewi.

Ia juga menambahkan bahwa semua buku di perpustakaan Maria Goretti pun sudah memiliki barcode. Sehingga setiap siswa yang ingin meminjam dan mengembalikan buku akan dengan mudah didata.

Selain itu, pustakawati perpustakaan SD Maria Goretti ini juga tampaknya tidak berhenti untuk mengembangkan perpustakaan tersebut. Tampak hal yang asing dilakukan di perpustakaan, tapi ini sangat lazim terlihat di perpustakaan SD Maria Goretti.

Perpustakaan SD Maria Goretti menyiapkan beberapa permainan tradisional dan permainan yang mengasah otak. Hal ini menjadi daya tarik bagi para siswa-siswi untuk berkunjung ke perpustakaan meski di jam istirahat berlangsung.

“Hal ini sengaja dilakukan, untuk membuat para siswa tidak bosan saat berkunjung ke perpustakaan, dan menambah daya tarik mereka terhadap perpustakaan,” ungkap Dewi.

Setiap akhir tahun pelajaran juga siswa-siswi kelas 6 menyumbangkan buku-buku untuk menambah koleksi perpustakaan. Dewi menambahkan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk usaha menuju perpustakaan yg berstandar akreditasi dengan menambah jumlah koleksi buku dan menjadi bermanfaat bagi siswa-siswi SD Maria Goretti selanjutnya.(In)

Perwakilan siswa kelas 6 menyumbangkan buku untuk perpustakaan SD Maria Goretti

Reporter: Fristy

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.