Home » Sosialisasi dan Komunikasi Sekolah Dengan Orang Tua, Ala SD St Theresia II

Sosialisasi dan Komunikasi Sekolah Dengan Orang Tua, Ala SD St Theresia II

oleh Redaktur Ytknews

Pangkalpinang, YTKNews.id—Hari-hari ini, bahkan sebelumnya, lembaga pendidikan seperti sekolah, suka tidak suka harus bersosialiasi dan berkomunikasi dengan orangtua atau wali peserta didiknya. menyanggupi tuntutan itu, sebuah SD milik Yayasan Tunas Karya  (YTK) terlihat beberapa minggu kemarin mengadakan pertemuan dengan wali murid.

Kegiatan itu terlaksana pada Sabtu, 15 Juli 2023. Kebetulan ketika itu, SD Santa Theresia II melaksanakan kegiatan sosialisasi awal tahun pelajaran 2023/2024 kepada orangtua wali peserta didik. Pertemuan bersama orangtua ini menjadi salah satu sarana sekolah untuk membangun komunikasi dengan orangtua. Kegiatan ini diikuti oleh orangtua wali peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 6 dalam rangka penyampaian beberapa informasi seperti visi misi sekolah, tata tertib, sistematika pembayaran uang sekolah, kurikulum sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan beberapa hal lain.

Kegiatan dibagi dalam dua sesi, sesi 1 pukul 07.00 – 08.30 untuk orangtua peserta didik kelas 1,2,4, dan 5, sedangkan sesi 2  pukul 09.00-10.30 untuk orangtua peserta didik kelas 3 dan 6. Kegiatan ini diadakan di ruang kelas 1 dan ruang kelas 2A SD Santa Theresia II.

Meskipun hujan menguyur di hari kegiatan sosialisasi namun hal tersebut tidak menghalangi orangtua peserta didik untuk datang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut. Satu persatu orangtua peserta didik datang mengisi daftar hadir di meja tamu yang telah disediakan di luar ruang pertemuan dengan wajah tersenyum dan antusiasme yang tinggi.

Kegiatan sosialisasi di sesi 1 dan 2 diawali doa pembuka yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu kata sambutan dan perkenalan singkat dari Kepala SD Theresia II Pangkalpinang, Heri Sutrisno, S.Pd selaku bapak kepala sekolah baru, perkenalan dari Bapak dan Ibu Guru, juga karyawan, kemudian Bapak Heri Sutrisno memaparkan visi dan misi sekolah, tata tertib sekolah, dan uang sekolah.

ketika orangtua pun mendengarkan

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kurikulum oleh ibu guru yang tidak asing lagi, Kristina Puji Hastuti, S.Pd., dan Ni Wayan Sukiyati S.Pd. tentang karakteristik kurikulum, paduan pembelajaran, dan asesmen (penilaian) kurikulum yang akan digunakan.

Setelah penyampaian kurikulum dilanjutkan kembali dengan penyampaian kegiatan ekstrakurikuler dan lain-lain oleh Bapak Dionysius Paschalis Januari Yanto, S.Pd., hal-hal yang disampaikan meliputi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang akan diadakan di SD Santa Theresia II,dan hal-hal berkaitan dengan seragam pramuka.

Setelah penyampaian kegiatan ekstrakurikuler dan lain-lain, masuklah di bagian terakhir yaitu sesi tanya jawab dan diskusi, kemudian diakhiri dengan doa penutup.

Sesi tanya jawab dan diskusi di akhir pertemuan terbukti sangat bermanfaat. Orangtua wali peserta didik yang hadir memberikan perhatian yang sangat baik melalui pertanyaan dan tanggapan-tanggapannya. Mereka memberikan dukungan terhadap program-program yang diadakan di sekolah, mereka juga berdialog dan berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan kegiatan belajar mengajar peserta didik di sekolah.

saat Kepala Sekolah sampaikan informasi

Kontributor : Hendera 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.