Home » Gerakan Sikat Gigi Bersama di SD Santa Theresia 1

Gerakan Sikat Gigi Bersama di SD Santa Theresia 1

oleh Alexia Dea Ariyanti

Peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Santa Theresia I Pangkalpinang mengikuti Skrining Kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Melintang, Jumat, (18/8/2023) bertempat di ruang kelas 1.

Kegiatan ini digelar secara rutin dan telah menjadi program rutin dari Puskesmas Melintang. Bersikat gigi berguna untuk mencegah risiko tinggi terjadinya kerusakan gigi pada siswa sekolah dasar, kegiatan ini mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Kebersihan rongga mulut dapat dilihat salah satunya dengan ada tidaknya plak. Selain kegiatan sikat gigi Bersama pemeriksaan lain juga dilakukan secara menyeluruh dari kesehatan telinga, mata, kuku, mulut anak, gigi bahkan diadakan tes buta warna.

“Hal ini dilakukan dengan tujuan mencegah dan mendeteksi sejak dini Kesehatan yang ada pada masing-masing anak sehingga apabila ditemukan hal-hal yang kurang bisa dapat langsung diitndak lanjuti oleh sekolah terutama orangtua,” tutur Dokter Vera.

Sebelum melaksanakan skrining Dokter Vera bersama Tim menggelar sikat gigi bersama peserta didik kelas 1. Dalam arahannya sekaligus ia memberikan Pendidikan pengetahuan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam melakukan skrining kesehatan diharapkan keterlibatan sekolah terutama wali kelas untuk terus berkoordinasi kepada wali murid untuk terus mengadakan cek Kesehatan secara berkala di rumah maupun di rumah sakit terutama mengenai kebersihan mulut yang kerap kali ditemukan banyak kasus yang ditemukan di lapangan selama ini.

Penulis: Andreas Helpi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.