Home » Berbagai Macam Lomba Meriahkan Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Di SD Santa Theresia II

Berbagai Macam Lomba Meriahkan Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Di SD Santa Theresia II

oleh Alexia Dea Ariyanti

Memperingati HUT Kemerdekaan RI KE-78 (16/8/2023), SD Santa Theresia II mengadakaan berbagai macam lomba seperti tahun-tahun sebelumnya. Momen tersebut selalu ditunggu-tunggu oleh semua warga sekolah terutama para peserta didik. Meskipun di tengah cuaca panas, para peserta didik begitu semangat mengikutinya.

Kepala SD Santa Theresia II, Heri Sutrisno, S.Pd., mengatakan perayaan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini diisi dengan lomba balap karung memakai helm untuk kelas 1 dan 2, lomba memasukkan paku ke dalam botol untuk kelas 3 dan 4, lomba estafet air untuk kelas 5 dan 6 di lapangan upacara sekolah.

“Tujuan diadakan lomba ini adalah agar peserta didik bisa memaknai perjuangan para pendahulu kita untuk memperoleh kemerdekaan. Perlombaan ini juga memerlukan perjuangan dan kolaborasi untuk mendapat kemenangan, semua peserta lomba sangat bersukacita mengikutinya” ungkap Heri.

Lomba dimulai pukul 07.15 WIB semua peserta didik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 beserta guru dan karyawan berkumpul di halaman sekolah, guru-guru secara bergiliran memimpin, memandu, dan mengawasin lomba. Lomba yang pertama adalah lomba balap karung memakai helm, yang kedua lomba memasukkan paku ke dalam botol, dan yang ketiga adalah lomba estafet air.

Keseruan terjadi di setiap lomba. Di lomba balap karung memakai helm beberapa peserta didik kelas 1 dan 2 masuk ke dalam karung kemudian dipakaikan helm mereka secara bergantian melompat atau berlari menuju garis finish, ada yang terjatuh ada yang terguling. Di lomba memasukkan paku ke dalam botol beberapa tim dari peserta didik kelas 3 dan 4, di dalam tim terdiri dari lima sampai enam orang memegang tali dengan paku di tengahnya, mereka harus bekerja sama dengan temannya satu tim agar pakunya bisa dimasukkan ke dalam botol. Di lomba estafet air beberapa tim dari peserta didik kelas 5 dan 6 yang terdiri lima orang menuangkan air secara bergiliran kepada temannya yang di belakang tanpa melihat, mereka harus bekerja sama agar air yang dituangkan tidak tumpah dan air yang dituangkan bisa sampai di ember yang ada di belakang.

“Lomba ini seru sekali dan menarik, perlu kekompakan tim,” ucap Shelomitha siswi kelas 5.

Pada pukul 10.30 akhirnya semua lomba pun selesai dilaksanakan. Semua peserta didik kemudian kembali ke kelas masing-masing. Untuk pemenang lomba akan diumumkan setelah upacara bendera pada tanggal 17 Agustus Kamis nanti.

“Terima kasih atas kerjasama dan bantuan dari guru-guru dan karyawan, semoga di tahun-tahun berikutnya kita bisa mengadakan lomba ini lagi untuk peserta didik sebagai perwujudan rasa terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia,” pungkas Heri.

Penulis: Hendera

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.