Home » Ketika Anak SD Santa Maria Belajar di SD Theresia 1

Ketika Anak SD Santa Maria Belajar di SD Theresia 1

oleh Suwito

Terkesima! Itu lah kesan yang dapat menggambarkan perasaan anak-anak Krucil (Kelompok Perwakilan Murid Cilik) SD Santa Maria Mentok ketika melakukan kunjungan belajar ke SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang. Setelah berwisata literasi di Toko Buku Gramedia, mereka melanjutkan kunjungan ke seberang jalan dengan barisan rapi.

Memasuki pintu gedung sekolah, kedatangan mereka sudah disambut dengan alunan lagu dan persembahan tarian khas Sumatera Utara. Para Krucil pun mengeluarkan gawai mereka untuk merekam.

Kunjungan persahabatan ini merupakan rangkaian kegiatan Study Tour Krucil SD Santa Maria Mentok yang diselenggarkan pada 24 Agustus 2023. Kegiatan ini sudah diprogramkan di awal tahun ajaran baru lalu atas inisiatif peserta didik yang tergabung dalam Krucil.

“Ini adalah wujud dari merdeka belajar. Belajar tidak sebatas tembok ruang kelas atau buku teks pelajaran. Jadi, saya harap anak-anak Krucil dapat membawa hal-hal inspiratif dari SD Theresia 1 Pangkalpinang ini dan dapat diceritakan kepada teman-temannya di SD Santa Maria Mentok,” ungkap Suwito, pembina Krucil dalam sambutanny di SD Theresia 1.

Peserta didik juga berkesempatan berkeliling SD Theresia 1 dengan terbagi dalam 3 kelompok. Setiap sudut sekolah yang berkesan dan pengalaman kunjungan mereka tak luput dari bidikan rekaman video mereka.

Penyambutan siswa SD Theresia 1 membuat siswa SD Santa Maria terkesima

“Sekolahnya keren!” ungkap salah satu murid selepas kunjungan dari SD Theresia 1.

Perwakilan murid dari Krucil akan dilibatkan dalam penyusunan program sekolah. Krucil juga menjadi wadah murid-murid untuk memberikan aspirasi dan usulan sehingga SD Santa Maria dapat menjalankan pendidikan yang sesuai kebutuhan peserta didiknya. Kegiatan kunjungan ke sekolah lain menjadi inpirasi untuk kemajuan sekolahnya.
(Reporter dan Penulis: Meigi Tendrawan)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.