Home » Sinergisitas Sekolah dan Orang Tua Peserta Didik pada Awal Tahun Ajaran

Sinergisitas Sekolah dan Orang Tua Peserta Didik pada Awal Tahun Ajaran

oleh Alexia Dea Ariyanti

Sabtu, (12/8/2023) SMK Tunas Karya Pangkalpinang kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu  parenting untuk orang tua/wali murid kelas X tahun pelajaran 2023/2024. Bertempat  di Aula SMK Tunas Karya, parenting kali ini mengangkat tema “Peran Keluarga dalam Membentuk Pribadi Anak yang Mandiri, Disiplin, dan Bertanggung jawab,”  dengan nara sumber RD. Servasius Samuel, S. Psi. M.Psi, Psikolog.

Tepat  pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan diawali sambutan Kepala SMK Tunas Karya,  Yuli Ismanto, S. Pd. Dalam sambutannya, mantan Kepala Divisi SDM Yayasan Tunas karya ini menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa dalam parenting kali iini. Disampaikan juga tujuan parenting yaitu untuk menjembatani komunikasi antara sekolah dan orang tua siswa.

“Acara  yang rutin dilaksanakan sekolah ini bertujuan untuk menjembatani antara  sekolah dan   orang tua siswa yang berhubungan dengan kebutuhan peserta didik, di antaranya kebutuhan pokok seperti proses belajar mengajar maupun kebutuhan pendukung lain. Pertemuan sekolah dengan orang tua pada awal tahun pelajaran sangat penting untuk dilaksanakan karena merupakan  pembuka jalur komunikasi antara sekolah dan  orang tua,” ungkap  kepala sekolah yang akrab disapa Pak Yuli ini.

Setelah acara pembuka, dilanjutkan dengan paparan narasumber, Romo Samuel. Dalam paparannya Pastor Keuskupan Pangkalpinang yang juga seorang psikolog, pimpinan Lembaga Psikolog Terapan (LPT) Persona dan menjabat sebagai Ketua Yayasan Tunas Karya Pangkalpinang ini menyampaikan peran keluarga sangat berpengaruh dalam pembentukan kepribadian anak. Segala hal yang ditanamkan oleh orang tua sejak kecil sampai dewasa, maka akan terus diingat oleh anak dan dilaksanakan. Romo Samuel juga menyampaikan perannya mengajak dan mendidik anak tentang kedisiplinan, agar nanti ketika mereka tumbuh dewasa, mereka dapat bertanggung jawab akan dirinya sendiri, bahkan dapat merawat para orang tuanya.

Yuli Ismanto, S.Pd selaku Kepala SMK Tunas Karya dengan didampingi  Wakil Kepala Sekolah bidang  Kurikulum, Paulina L.R., S.Pd dan Wakil Kesiswaan  Maria Sisca Innovani, S.Pd menyampaikan visi  misi sekolah, perkenalan wali kelas, dewan guru, dan karyawan SMK Tunas Karya serta  program sekolah. Selanjutnya Waka Kurikulum menyampaikan struktur kurikulum, ketuntasan belajar peserta didik, syarat kenaikan kelas, serta kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya paparan tentang kurikulum diharapkan orang tua/wali dapat memantau perkembangan dan kemajuan belajar anak. Tak lupa juga disampaikan kalender akademik agar  orang tua mengetahui jadwal kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan  selama dua semester.

Disambung materi kesiswaan yang disampaikan Maria Sisca Innovani, S.Pd antara lain tata tertib sekolah, perilaku disiplin, dan tata tertib sekolah.  Disamping kurikulum dan kesiswaan disampaikan juga sarana dan prasarana praktik yang ada di SMK Tunas Karya.

Selesai dengan paparan-paparan dilanjutkan dengan sesi  tanya jawab. Antusisme para orang tua terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang muncul. Syukur semua pertanyaan dapat terjawab dengan baik sehingga para orang tua menjadi lebih paham.

Penulis: Ni Komang Yana Hermayanti

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.