Home » Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ala Komunitas Santa Maria Mentok

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ala Komunitas Santa Maria Mentok

oleh Suwito

Mentok-YTKnews.id- Dadakan! Ya, tanpa perencanaan sebelumnya, para guru dan karyawan komunitas TK, SD, SMP Santa Maria Mentok menggelar upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 di halaman SD Santa Maria. Petugas upacara yang dipilih adalah kolaborasi antara karyawan dan guru ketiga sekolah tersebut.

“Biasanya kita upacara bersama di lingkungan Pemkab Bangka Barat. Namun, ternyata surat edaran kemarin kita tidak ditunjuk, jadilah kita sepakat mengadakan upacara di lingkungan komunitas kita sendiri. Walau dadakan, tetap kompak pasti berjalan mulus,” ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Mentok.
Walau tanpa persiapan yang matang, petugas lintas unit ini berkolaborasi membuat jalannya upacara bendera dengan khitmad. Hal ini membuktikan, para staf dewan guru selalu sigap dalam keadaan apapun untuk memberikan pelayanan di Yayasan Tunas Karya. Semangat ini pun menjadi motor untuk para guru dan staf di Santa Maria Mentok dalam memaknai kemerdekaan.

“Kemerdekaan bagi saya adalah memberikan sepuas-puasnya kepada anak untuk kreatif dan mengekspresikan segala hal yang menjadi talentanya sehingga mereka menjadi bahagia bukan hanya sekadar mengerjakakan tugas,” tandas Sumiyati, Kepala TK Santa Maria Mentok.

Senada dengan hal itu, Kepala SMP Santa Maria, Letisia Pare juga menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah sebuah kebebasan untuk berekspresi untuk menggapai cita-cita.

“Jadi kemerdekaan itu tidak ada keterbatasan untuk mencapai kebahagiaan,” ungkap Letisia.

Tradisi melaksanakan upacara bersama sudah dilaksanakan lewat beberapa momentum oleh komunitas sekolah ini. Lewat kegiatan ini, sekolah hendak menjaga solidaritas dan kekompakan antar karyawan lintas unit sehingga mampu bersama-sama menjadi komunitas yang unggul.

(Reporter: Devin Alison, Ryu Karnadi, Suwito)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.