Home » SMP Yusuf Gelar Upacara Memperingati Hari Pramuka ke 62

SMP Yusuf Gelar Upacara Memperingati Hari Pramuka ke 62

oleh humas YTK

Tanjung Balai Karimun, YTKNews.id – Upacara hari Pramuka di SMP Santo Yusup dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023. Petugas upacara dalam memperingati hari Pramuka ini adalah siswa kelas VIIIA.

Anak-anak melaksanakan tugasnya dengan semangat dan bertanggung jawab. Terlebih, pemimpin upacara yang bertugas hari itu Ban Hoffman Buha Damanik yang memiliki suara yang lantang saat menyiapkan barisan.

Penampilan para petugas upacara tidak mengecewakan sehingga ada orang tua siswa pun ikut menyaksikan dan mengabadikan momen anaknya yang bertugas saat upacara tersebut.

Kelompok paduan suara juga menyanyi sangat kompak sehingga latihan pun terasa tidak sia-sia karena sukses memberikan penampilan yang sangat maksimal.
Pelaksanaan upacara hari Pramuka ini sama dengan upacara pada umumnya.

Tema Hari Pramuka ke 62 tahun 2023 adalah ‘Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional’. Bertolak dari tema tersebut, Lisdiu Hutajulu, S.Pd selaku Pembina upacara memberikan sub tema ‘Peranan Generasi Muda di Lingkungan Sekolah’.

Lisdiu berharap anak-anak mampu membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan dan mempersiapkan diri sebagai sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

“Istilah profesional dan proporsional dalam tema tersebut tentu tidak mudah kalian mengerti maknanya. Harus melalui pemikiran yang mendalam untuk membedah kata sukar tersebut,” ujar Lisdiu Hutajulu.

Lisdiu menambahkan peranan generasi muda tersebut adalah generasi muda yang mampu memberi manfaat, mampu menjadi penggerak dan mampu membawa kemajuan. Pembina upacara saat itu terasa sangat pas, ia memberikan sejarah pramuka dan perkembangannya di Indonesia sampai pada misi pramuka.

Pramuka mendidik secara profesional. Dalam hal ini berkualitas, berketerampilan, berpengetahuan, dan bergairah bekerja. Selalu ingin memberikan nilai dan hasil kerja yang terbaik.

“Misi pramuka adalah sebarapa bermanfaat kita kepada orang lain. Untuk dapat bermanfaat kepada orang lain dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan ketangguhan dalam belajar untuk mencapai dan mewujudkan misi pramuka,” pungkas Lisdiu
dalam amanat Pembina upacara dan mengakhirinya dengan salam Pramuka.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan Aloysia Reni Setyawati, S.Pd pun memberikan apresiasi karena meski upacara pramuka saat ini merupakan sesuatu yang baru, namun peserta didik tampil dengan rapi dan sangat antusias dalam mengikuti upacara bendera. *(nov)*

Kontributor : Alfrida 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.