Home » 20 Kepala Sekolah dan 1 Ketua STIE, Berbagi Inspirasi di Rumah Singgah YTK Tanjungpinang

20 Kepala Sekolah dan 1 Ketua STIE, Berbagi Inspirasi di Rumah Singgah YTK Tanjungpinang

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungpinang, YTKNews.id—-Duapuluh kepala sekolah di Kepulauan Riau dan seorang Ketua STIE di Batam, saling berbagi insipirasi di Rumah Singgah Yayasan Tunas Karya (YTK) di Kota Tanjungpinang. Mereka ditemani oleh Ketua YTK bersama jajarannya, mulai dari Sekretaris, Bendahara, 3 orang anggota dan 2 orang Kepala Divisi.

Momen saling berbagi ini, lazimnya disebut Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kepala Sekolah (RK3S)  Kepri. Momen ini biasanya terjad 2 kali dalam setahun. antuasiasme para kepala sekolah terlihat tidak surut. Pasalnya mereka terlihat serius mendengarkan dan memberi masukan, bahkan kritik ketika setiap komisi atau kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya mengenai goal setting.

“Untuk kegiatan rakor kali ini suasananya lebih hidup terutama dalam laporan hasil diskusi kelompok hasil EDS,” ujar Ketua K3S Kepri, Siprianus Pua, S.Pd. “Ada suasana saling kritik dan saling melengkapi membuat program program yang dihasilkan menjadi lebih baik dan tepat sasaran,” ujar Siprianus.

Menurut Kepala SD Yo Sudarso II Batam ini, rakor kalini memeberi semangat baru. “Yang membuat lebih semangat lagi tahun ajaran 2023 / 2024 banyak sekolah YTK wilayah Kepri yang mencapai sasaran bahkan melebihi sasaran PPDB yang direncanakan,” imbuh Siprianus Pua.

Sedangkan bagi Ketua YTK Servasius Samuel, S.Pso, M.Psi, Rakor K3S adalah media kolaborasi para pimpinan unit pelayanan pendidikan menuju visi layanan pendidikan yang unggul dan terdepan.

“Hal ini dilakukan bersama dengan komunitas pimpinan sekolah melalui refleksi bersama atas pengalaman pelayanan pendidikan di setiap komunitas sekolah, selanjutnya mencari dan merumuskan bersama strategi dan cara-cara baru dan kontekstual untuk menjawab kebutuhan layanan pendidikan di setiap wilayah,” ungkap Romo Samuel.

Menurut Romo Samuel, secara umum rakor K3S dikelompokan dalam dua kategori berdasarkan isi kegiatan. “Pertama, pra raker [persiapan bahan raker ytk tahun 2024] dan sesi sharing pengalalam berkarya para kepala unit di wilayah. Kedua, momen belajar bersama para kepala sekolah yang dilakukan melalui sharing pengalaman karya dari setiap sekolah yang unik dan spesifilk,” tandas Romo Samuel.

“Semoga media K3S dapat menjadi wadah yang baik.untuk membangun kerja.sama dan jejaring setiap wilayah dalam satu keterikatan sebagai satu persekutuan orang-orang sesuai identias YTK,” harap Romo yang juga Psikolog ini.

Di dalam Rakor itu, terlihat beberapa wajah baru, Wajah-wajah baru itu, Fransiskus Kanga, S. Fil, Kepala SMP Katolik Tanjungpinang, Mikie Adelina, Kepala TK Fransiskus Tanjung Uban, Lusiana Supriyati (Kepala SD Katolik), dan  Nikolaus. (sfn)

diskusi kelompok SD
komisi SMA sedang diskusi

Reporter : Stefan kelen

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.