Home » Lewat Pemilu Ketua OSIS, Siswa SMAK Yos Sudarso Belajar Demokrasi

Lewat Pemilu Ketua OSIS, Siswa SMAK Yos Sudarso Belajar Demokrasi

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id – Pemilihan ketua OSIS merupakan program tahunan seluruh sekolah di Indonesia untuk memilih siswa terbaik sebagai pemimpin. Pemilihan ketua OSIS menjadi salah satu bentuk pembelajaran berdemokrasi bagi siswa. SMAK Yos Sudarso menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS secara kreatif dengan sistem Pemilu (pemilihan umum) yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa. Pemilihan ini dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Tahapan pemilihan ketua OSIS dimulai dari pendaftaran anggota yang dilaksanakan pada 24 Juli 2023. Seleksi anggota OSIS dilakukan sebanyak tiga tahapan.  Dari hasil seleksi, terpilih 31 siswa yang berkompeten dan sesuai dengan kriteria anggota OSIS.

Juli Hartono Lingga selaku Pembina OSIS mengatakan bahwa agar dapat menjadi calon ketua dan wakil ketua OSIS harus memenuhi berbagai kriteria. “Calon ketua dan wakil ketua OSIS diseleksi secara ketat dengan berbagai pertimbangan. Kriteria yang harus mereka miliki adalah berjiwa kepemimpinan, disiplin, kreatif, punya jiwa sosial yang tinggi, dan tentu harus punya kemampuan komunikasi yang baik,” ujarnya.

Siswa yang terpilih menjadi kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS adalah sebagai berikut:

Paslon 1 Yemima Olyvia Tambunan (XI.7) – Gavrila Juliman Miguel Lubis (X.7)

Paslon 2 Soh Siaw Hua Zefanya (XI.5) – Aris Setiawan (X.10)

Paslon 3 Rahel Karolina Sihotang (XI.3) – Genesis Tunggal Panaluan Sianipar (X.2)

Berbagai visi, misi dan program kerja yang menarik dipaparkan oleh ketiga kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS guna meyakinkan pemilih bahwa mereka dapat menjadi pemimpin yang berkompeten. Hasil dari pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMAK Yos Sudarso dimenangkan oleh paslon 2 Soh Siaw Hua Zafanya dan Aris Setiawan dengan peroleh suara 68,1% sementara paslon 1 memperoleh suara 8,4% dan paslon 3 memperoleh suara 23,6 %.

Benediktus Raditya selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan berharap OSIS ke depannya dapat berkembang dalam segala hal. “Semoga OSIS yang baru dapat menjalankan program-program kreatif yang sudah direncanakan dengan baik. Semua anggota OSIS yang baru diharapkan mampu menjadi role model bagi siswa SMAKYS,” ujarnya. “OSIS yang baru juga harus bisa lebih baik, semakin berkembang, selalu semangat, dan semakin kompak,” pungkasnya.

Kontributor : Tio Erlika Putra

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.