Home » Seru dan Kreatif! SD Yos Sudarso 1 Ikuti Pawai Budaya

Seru dan Kreatif! SD Yos Sudarso 1 Ikuti Pawai Budaya

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id – Hari itu,  9 September 2023 SD Yos Sudarso 1 mengikuti Pawai Budaya yang diadakan oleh K3S Kecamatan Batam kota. Peserta pawai budaya diikuti oleh semua SD di wilayah Kecamatan Batam Kota. Rute untuk pawai budaya dimulai dari samping Mall Botania 2 (MB2) dan mengelilingi kompleks pasar Botania 2. Pawai dimulai dari jam 09.00 sampai 11.00 WIB. Keberagaman suku, agama, ras, dan budaya yang ada di SD Yos Sudarso 1 Batam Center menjadikan warga sekolah memiliki sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain. Sesuai dengan keberagaman yang ada di SD Yos Sudarso serta tema yang diberikan, maka SD Yos Sudarso 1 Batam Center menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Kostum daur ulang dengan bahan dasar plastik juga ditampilkan, dipadupadankan dengan headpiece gonggong yang merupakan salah satu ikon Kepulauan Riau. Tidak hanya itu, ikon kota Batam berupa miniatur Jembatan Barelang juga menjadi pilihan untuk ditampilkan pada hari itu dipadupadankan dengan pakaian adat melayu dan songket juga tanjak yang menjadi kebanggaan daerah Kepulauan Riau.

Hasil kostum daur ulang, headpiece gonggong dan miniatur Jembatan Barelang merupakan hasil karya SD Yos Sudarso 1 Batam Center, dengan tujuan mengurangi polusi sampah yang ada di lingkungan sekolah. Dikenakan oleh Sir Adventus Juan Peter, S.Pd yang diberi sebutan Pangeran Barelang dan Ratu Gonggong yang diperankan Miss Veronika Lithania, S.Pd., SD Yos Sudarso 1 menurunkan 24 siswa yang terdiri dari 11 putra dan 11 putri, serta sepasang bapak dan ibu guru. Tidak hanya itu SD Yos Sudarso juga menampilkan beberapa tarian kreasi daerah di Indonesia serta jingle SD Yos Sudarso yang menjadi kebanggaan sekolah ini. Beberapa lagu-lagu daerah yang diputar adalah Gundul-Gundul Pacul, Sinanggar Tulo, Tarian Melayu, dan Yamko Rambe Yamko.

Adapun vandel yang dibawa pada barisan pertama kontingen  merupakan motto Sekolah SD Yos Sudarso 1 yaitu BUKA PIKIRAN, SENTUH HATI, BENTUK MASA DEPAN. Di samping pembawa vandel adalah gambar pahlawan Yosaphat Soedarso seorang tokoh pahlawan nasional beragama Katolik yang memiliki sosok tenang, cerdas, dan juga santun dalam bergaul. Dari filosofi tersebut Yayasan Tunas Karya memilih nama pahlawan tersebut sebagai nama sekolah SD Yos Sudarso.

Dalam kegiatan ini SD Yos Sudarso 1 Batam juga mengikuti perlombaan fashion show yang menurunkan 2 siswa bernama Kenzie Radoslaw Efendi dan Christabel Richelle Sahalessy menggunakan busana dengan tema Merah Putih. Ditunjuk sebagai perwakilan dari Kelurahan Teluk Tering dimana peserta putri atas nama Christabel Richelle Sahalessy memenangkan juara 2 tingkat Batam kota. Ibu Marissa selaku koordinator dari SD Yos Sudarso 1 Batam menuturkan bahwa kegiatan ini menguatkan rasa bela tanah air dan cinta kepada bangsa dan negara.

Kontibutor : Mora Simarmata

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.