Home » Walau Hadir dengan Konsep Baru, Edufair SMAKYS 2023 Tetap Berlangsung Seru dan Meriah

Walau Hadir dengan Konsep Baru, Edufair SMAKYS 2023 Tetap Berlangsung Seru dan Meriah

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id — SMAK Yos Sudarso pada 29-30 September 2023 mengadakan pameran pendidikan yang diikuti oleh 49 universitas dari dalam maupun luar negeri. Acara tahun ini diadakan dengan konsep berbeda yakni dikemas lebih padat dari tahun kemarin yaitu hanya dua hari dari yang sebelumnya tiga hari pelaksanaan.

Yeni Wulandari, S.Pd. selaku ketua panitia menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini diadakan hanya 2 hari adalah untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan kegiatan. “Hal ini juga dilakukan berdasarkan hasil evaluasi Edufair tahun lalu,” ungkapnya lagi.

Acara pembukaan yang diadakan tanggal 29 September 2023 berlangsung dalam cuaca cerah. Seluruh peserta menghadiri acara pembukaan dan tampak antusias sepanjang acara. Hadir dalam acara pembukaan Ketua Yayasan Tunas Karya, RD Servasius Samuel, S.Psi., M.Psi., Psikolog bersama jajaran pengurus Yayasan Tunas Karya;  Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi untuk Kota Batam, Kasdianto, S.Pd dan Lily Rosnawaty, M.Pd., selaku pengawas sekolah.

Dalam sambutannya, Kasdianto, S.Pd selaku Kacabdisdik provinsi untuk Kota Batam menyampaikan bahwa SMA Yos Sudarso telah sangat membanggakan dengan prestasi yang selama ini dimiliki. “Kami sangat berterima kasih pada SMAK Yos Sudarso karena prestasi siswa-siswinya telah mengangkat nama provinsi melalui banyaknya prestasi yang diraih,” ujarnya membuka sambutan.

Acara ini dibuka dengan pelepasan burung merpati yang dianggap sebagai simbol harapan dan dukungan.  “Burung merpati dengan warna putihnya yang akan dilepaskan ini memberikan arti bahwa sekolah SMAKYS dan semua yang hadir di sini  memberikan cintanya melalui doa dan support agar mampu menggapai masa depan yakni cita-cita yang setinggi langit,”  ujar Sumiyati, Kepala SMAK Yos Sudarso sebelum prosesi pelepasan burung dilakukan.

Terdapat beberapa kampus baru yang bergabung di Edufair 2023 tahun ini diantaranya Universitas Terbuka dan Institut Indobaru Nasional (IIBN).  Kegiatan yang ditutup pada Sabtu, 30 September 2023 itu diakhiri dengan pesan kesan yang sangat positif dari peserta Edufair. Seluruh peserta mengikuti upacara penutupan. Seperti yang disampaikan dosen PBI Universitas Sanata Dharma, Rina Astuti Purwaningrum, “Pelayanan yang diberikan oleh panitia pada peserta sangat maksimal. Seluruh siswa yang ditugaskan sangat helpful dan melayani dengan baik. Kami akan bergabung kembali tahun depan,” ujarnya sambil tertawa. Acara penutupan yang berlangsung formal namun tetap hangat tersebut diakhiri dengan pembagian souvenir sebagai kenang-kenangan dari Edufair SMAK Yos Sudarso.

Walaupun hari terakhir pameran diringi cuaca hujan deras, namun tidak menyurutkan semangat para peserta Edufair untuk tetap melayani antusiasme para pengunjung yang ingin  mencari informasi tentang universitas yang ada. Ditutup pukul 15.00, Edufair SMAKYS yang berlangsung dengan konsep baru berakhir dengan lancar.

Reporter : Dwiky Natalia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.