Home » Hidup Sehat bersama Program PJAS

Hidup Sehat bersama Program PJAS

oleh REPORTER St. HILARIUS
PARITTIGA, YTKNEWS.ID – Pagi itu, Jumat (06/10/2023) siswa-siswi SD Hilarius, Parittiga, memenuhi halaman sekolah. Mereka mengawali pagi yang baru dengan senam bersama. SD Hilarius menetapkan hari itu dengan program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) pertama yaitu sarapan sehat dengan menu bubur kacang hijau.

“Bu, gak enak rasa buburnya. Gak pernah makan di rumah kayak gini,” ucap Brooklyn, salah satu siswa kelas satu dengan ekspresi tidak suka ketika mencicipi makanan yang memiliki rasa manis bercampur gurih ini. Salah satu perwakilan Komite Sekolah SD Hilarius, Rika Maria kepada reporter mengungkapkan alasan memilih menu bubur kacang hijau.

“Bubur kacang hijau merupakan makanan favorit semua kalangan, termasuk anak-anak. Selain merupakan makanan favorit, bubur kacang hijau juga merupakan makanan sehat, karena mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kaya serat sehingga membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan masih banyak manfaat yang baik, yang terkandung di kacang hijau,” ungkap Ce Rika (begitu biasa dia disapa) kepada YTKNEWS.ID, Rabu (01/11/2023).

Pada kali kedua Program PJAS, Jumat (13/10/2023) panitia menyediakan menu susu kedelai, jagung dan singkong rebus. Berbeda dengan menu bubur kacang hijau, menu kali ini menjadi rebutan siswa-siswi SD Hilarius. Mereka rela antri untuk mendapatkan segelas susu kedelai, jagung dan singkong rebus.

“Untuk jagung dan singkong disajikan dalam bentuk rebusan, bukan gorengan, agar memenuhi kriteria pangan yang sehat. Singkong disiapkan sekitar 2 kg, bijur 2 kg, dan jagung 19 kg. Persiapan jagung dan singkong tidak terlalu susah karena hanya perlu membersihkan dan merebus saja,” ungkap salah seorang perwakilan Komite Sekolah, Desy Natalia.

Menu sarapan bubur kacang hijau, susu kedelai, rebusan jagung, dan ubi merupakan salah satu program PJAS yang diusungkan oleh Tim Keamanan Pangan Sekolah (TKPS), diantaranya Bu Tio, Bu Mur, Ce Rika, dan beberapa siswa-siswi SD Hilarius.

Dengan adanya program sarapan sehat setiap satu bulan sekali yang telah berjalan dua kali di SD Hilarius, Kepala Sekolah SD Hilarius, Yohanes Asep berharap agar dapat mengenalkan kepada siswa-siswi berbagai makanan sehat yang sederhana dan ada di lingkungan sekitar. “ Kita meminimalisir siswa-siswi mengkonsumsi makanan siap saji,” ujarnya. Ayo mulai hidup sehat dengan penuhi asupanmu melalui menu sehat dan bergizi! (*)

 REPORTER : Tim Jurnalistik SD Hilarius

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.