Home » Wujudkan Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Eco Enzym, SD Katolik Tanjungpinang Berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup

Wujudkan Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Eco Enzym, SD Katolik Tanjungpinang Berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Mengawali kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), SD Katolik Tanjungpinang berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Rabu 25 Oktober 2023.

Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman pelajar tentang Pancasila dan nilai-nilai lingkungan, SD Katolik telah bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang. Adapun tema proyek inovatif yang diangkat adalah Gaya Hidup Keberlanjutan.

Proyek ini bertujuan untuk mengajarkan siswa-siswi tentang pentingnya berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan meminimalkan sampah dan mempraktikkan konsep gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, siswa-siswi kelas IV dan V diberi materi khusus tentang cara hidup minim sampah dan cara mendaur ulang bahan-bahan yang bisa digunakan kembali. Materi ini tentunya melibatkan pemahaman tentang limbah organik dan bagaimana mengurangi pemborosan serta meminimalkan dampak lingkungan.

Hal yang semakin menarik lainnya yaitu para siswa diberi pemahaman tentang penggunaan Eco Enzym. Para siswa belajar cara membuat Eco Enzym dengan menggunakan kulit buah yang mereka bawa dari rumah. Ini adalah cara praktis dan bermanfaat untuk memanfaatkan sumber daya yang sering terbuang dengan sia-sia.

Lusiana Supriyati,S.Pd.AUD, selaku kepala sekolah menyatakan, “Kami ingin menciptakan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini. Dengan melibatkan siswa-siswi dalam proyek ini, kami harap mereka akan tumbuh menjadi warga yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki pengetahuan tentang cara menjaga alam sekitar kita.”

Dalam beberapa bulan ke depan, para siswa-siswi ini akan terus mendalami proyek ini, mengamati perkembangan eco enzym yang mereka buat, dan menggunakan hasilnya dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah langkah positif yang diambil oleh SD Katolik Tanjungpinang untuk membangun pemahaman tentang pentingnya Pancasila dan keberlanjutan lingkungan, serta untuk memberdayakan generasi muda dalam upaya menjaga bumi kita. (mil).

Kontributor: Astriana

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.