Home » Ini Cara Mahasiswa STIE Bentara Persada, Memaknai Hari Pahlawan

Ini Cara Mahasiswa STIE Bentara Persada, Memaknai Hari Pahlawan

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id—-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023. Kegiatan ini, digelar di Aula Kampus Bentara Persada, Batam, Jumat (10/11/2023).

Upacara ini diikuti oleh civitas akademika, yakni Dosen, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa di lingkungan STIE BP. Wakil Ketua I Bidang Akademik STIE BP, RD. Laurensius Dihe Sanga, S.Ag., M.Hum., mewakili Ketua STIE Bentara Persada, membuka kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, RD. Laurens, mengajak mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk memahami Pancasila sebagai Spiritualitas kehidupan bangsa Indonesia yang majemuk, berkrakter baik untuk dapat mengatasi krisis moral dan berperan sebagai gerakan intelektualitas. “Maka dari itu gerakan intelektual (intellectual movement) akan terwujud dalam tiga tradisi, yaitu: tradisi diskusi, tradisi menulis dan tradisi membaca,” tandas Romo Lorens .

Ajakan tersebut disampaikan karena masa depan negeri ini membutuhkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai hal, dengan pemikiran-pemikiran cerdas dan kegiatan-kegiatan intelektual yang dilakukannya, mahasiswa mampu berkontribusi dalam bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya. Tiga tradisi ini bisa dilakukan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang pada 10 November 1945 silam. “Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” ujar Romo Diosesan Pangkalpinang ini.

Romo Lorens Saat Memberikan Sambutan
Romo Lorens Saat Membuka Kegiatan

Romo Lorens juga menambahkan, generasi penerus perlu memiliki semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa pada 1945. Semangat tersebut mampu membawa bangsa menolak kalah dan menyerah pada keadaan. “Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan masa depan yang lebih baik,” kata Romo Lorens.

Hari Pahlawan merupakan momentum bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia, yang mana jatuh pada tanggal 10 November, tiap tahunnya.  Dalam memperingati moment tersebut, Kepala Biro Perpustakaan dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  (STIE BP), menggelar sejumlah kegiatan lomba dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa Yang Unggul dan Berkarakter”.

Kepala Biro Perpustakaan Karinus B. Belang, S.M, dalam sambutannya sebagai ketua panitia, menyampaikan apresiasinya kepada pengurus BEM atas inisiatif dan kreatifitas mereka menggelar beberapa lomba dalam rangka memperingati hari pahlawan, 10 November 2022.

“Dengan memperingati hari pahlawan dengan kegiatan lomba, ini merupakan bentuk mengekspresikan dari nilai-nilai kejuangan mahasiswa itu sendiri,” ucap Rinus. Adapun kegiatan yang di lombakan adalah Drama, dan Pidato. ()

Serba Serbi Kegiatan
Serba Serbi Kegiatan

Reporter : Silvester – HUMAS STIE

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.