Home » Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD Paulus II Bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polisi Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD Paulus II Bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polisi Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Rabu (25/10/2023), pembelajaran siswa SD Santo Paulus II kali ini dilaksanakan di luar sekolah dengan mengunjungi Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung yang terletak di Jalan Lintas Timur, Dermaga Ditpolairud Air Anyir. Kunjungan dilakukan dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang menjadi ciri khas dari Kurikulum Merdeka. Topik yang diambil dalam P5 kali ini yaitu “Polisi Sahabat Anak”.

Bapak Sigid bersama Tim Ditpolairud dalam kegiatan ini menyampaikan beberapa informasi mengenai kegiatan yang mereka kerjakan sehari-hari. Peralatan-peralatan yang digunakan pada saat melakukan penyelaman di air, baik itu dalam situasi darurat maupun dalam situasi latihan. Kemudian, penjelasan nama dan kegunaan alat yang digunakan oleh Polairud untuk mengevakuasi korban tenggelam di perairan.

Setelah itu para siswa di bagi dalam beberapa kelompok untuk menaiki kapal untuk berlayar bersama.  Dalam situasi tersebut siswa sungguh senang dan bergembira ketika mereka berada diatas kapal. Seusai berlayar kegiatan diakhiri dengan pertanyaan kuis berhadiah dan pengumuman pemenang lomba mewarnai.

Berbagai kegiatan yang dilakukan

Berbagai kegiatan yang dilakukan

Kegiatan ini menambah wawasan mengenai lingkungan sekitar bagi siswa-siswi SD Paulus II. Apalagi letak sekolah SD Paulus II yang berdekatan dengan Pelabuhan Penumpang Pangkalbalam.

“Pembelajaran di luar kelas membantu meningkatkan motivasi siswa terkait lingkungan sekitar dan berbagai macam pekerjaan. Dalam kegiatan ini peserta didik lebih dekat mengenal Kepolisian Republik Indonesia yang selama ini polisi hanya polisi lalu lintas saja, ternyata banyak sekali tugas-tugas kepolisian salah satunya yang kita kunjungi hari ini. Polairud adalah Polisi yang bertugas menjaga Perairan dan Udara.”pungkas Bu Riski Anggraini, S.Pd selaku Wali Kelas 1 dan koordinator Projek (P5).

Penulis: Agung

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.