Home » Hebat! Peserta Didik SMP Regina Pacis Tanjungpandan Juara Lomba Aeromodeling

Hebat! Peserta Didik SMP Regina Pacis Tanjungpandan Juara Lomba Aeromodeling

oleh Yosephine Fahira

Tanjungpandan, YTKNews.id—-Kepiawaian dan kreativitas Dava Astiawan Maryono (Dava)  dan Blasius Simangunsong (Blasius) justru menghantarkan mereka  menjadi juara lomba Aeromodeling yang diselenggarakan oleh TNI AU dalam rangka HUT TNI AU ke 78 tahun yang diselenggarakan  di kota Tanjungpandan-Belitung pada hari Sabtu (20/04). Kedua peserta didik yang kini  berada di bangku kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Regina Pacis Tanjungpandan ini menjadi juara satu lomba tersebut.

Lomba Aeromodelling sendiri adalah suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olah raga. Dalam kesempatan ini Dava dan Blasius menunjukkan kreativitas mereka merakit dan menerbangkan Chuck Glider (pesawat yang dirancang untuk terbang bebas dengan daya yang ada pada model itu dilempar dengan tangan manusia agar mencapai ketinggian tertentu untuk memulai penerbangannya)

Ada hal yang special dari lomba ini. Pertama, Dava dan Blasius mempelajari Aeromodelling secara autodidak. Kedua, ini lomba pertama yang mereka ikuti. Karena dua hal itu, muncul rasa tidak percaya diri sebelum memulai lomba.

“Awalnya ketika memasuki arena lomba ada rasa ingin menyerah karena takut rakitan pesawat kami tidak jadi. Akhirnya perasaan itu dapat kami lawan dengan semangat dan percaya diri,” ujar Dava.

Ada beberapa tahap yang harus mereka lewati, mulai dari perakitan dan menerbangkan.

“Tahap pertama pesawat terbang gabus sudah selesai kami rakit. Tiba giliran menerbangkan pesawat chuck glider. Yang harus dicermati bagaimana pesawat terbang kami bisa terbang jauh. Sekilas kita lihat mudah hanya menerbangkan. Tetapi ketika dicoba kami harus pandai melihat arah angin bertiup,” unjar Blasius.

Pada akhirnya kerja keras, kreativitas dan Kepiawaian menghantarkan mereka berdua ke tangga juara.

“Betapa riangnya kami berdua ketika pesawat bisa terbang di udara selama 22 detik dan  juri mengumumkan bahwa kami sebagai tim terbaik dan mendapat juara satu. Pengalaman berharga yang kami peroleh dari perlombaan tersebut sangat berharga. Kami jadi mengerti cara menerbangkan pesawat (chuck glider) dan jangan menyerah sebelum mencoba hal yang baru,” ujar Dava dan Blasius ketika ditanya

Kontributor : Sipriyanus Yarto

Anda mungkin juga suka