Home » Ruang Komunikasi untuk Anak

Ruang Komunikasi untuk Anak

oleh REPORTER St. HILARIUS

PARITTIGA, YTKNEWS.ID – Pengumuman capaian umum nilai murni Ujian Sekolah (US) semester genap menjadi hari yang dinantikan siswa-siswi, tidak terkecuali di SD Hilarius, Parittiga, Bangka Barat, Senin (11/06/2024). Air muka ceria dan gembira terlihat di wajah siswa-siswi berprestasi SD Hilarius saat mereka menerima piagam dan trofi, yaitu Jelhsen Biquel, Justicya Giselle, dan Felisha Willy Lim.

Salah satu siswa kelas 6B, Jelhsen Biquel kepada reporter mengungkapkan rasa bangganya mendapat capaian umum pertama nilai murni Ujian Sekolah (US).

“Cara belajar saya, pertama, belajar dengan sungguh-sungguh dan pahami pembelajaran. Kedua, atur jadwal waktu belajar. Ketiga, mencari bahan pembelajaran dari berbagai sumber seperti melalui internet. Keempat, kerja keras dan tetap termotivasi untuk menjadi juara,” ungkap Jelhsen kepada YTKNEWS.ID, Selasa (11/06/24).

Sementara Mama Jelhsen, Windi menuturkan Jelhsen memiliki kebiasaan tidur siang atau pergi mengikuti bimbingan belajar. Pada malam hari, Jelhsen belajar secara mandiri sesuai kebutuhan belajar dia, seperti mengulang materi dari sekolah, mengerjakan soal-soal, serta mencari materi tambahan lainnya melalui internet.

Adapun papa Jelhsen, Toni bercerita mereka tidak memberikan tuntutan yang tinggi untuk belajar Jelhsen, hanya memberikan pengawasan dan arahan kepada Jelhsen agar dapat mengatur jam belajarnya dengan baik serta lebih sering berkomunikasi terkait kebutuhan belajar Jelhsen.

“Kami selaku orangtua masih banyak kekurangan dalam melaksanakan tanggung jawab kami sebagai orangtua, sehingga belum bisa memberikan saran yang berarti. Namun, kami hanya ingin berbagi, bahwa sebagai orangtua kami selalu memberikan ruang komunikasi bagi anak dan memberikan kesempatan kepada anak kami untuk menentukan pilihannya,” ungkap Toni.

Suasana bahagia sungguh mewarnai suasana pengumuman capaian umum nilai murni US, tak terkecuali saat penyerahan piagam dan trofi. Kepada YTKNEWS.ID, Wali Kelas 6B Ita Purnamasari mengungkapkan rasa bangga atas apa yang telah dicapai anak didiknya, terutama untuk semua para siswa-siswi yang mendapat capaian terbaik lainnya.

“Mereka bertiga pantas mendapatkan capaian tersebut atas hasil kerja kerasnya. Anak-anak tersebut memang memiliki perilaku yang baik dan mandiri di sekolah,” ungkap Bu Ita (begitu biasa dia disapa).

Untuk teman-teman lainnya, Jelhsen berpesan, “Dengarkanlah penjelasan guru dan pahami dengan baik. Jangan takut untuk bertanya dan cari tahu jika ada pembelajaran yang belum dipahami. Terus semangat dan selalu ingin belajar,” ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Sekolah SD Hilarius – Parittiga, Yohanes A. Riawan S.Pd. berharap, “Semoga anak-anak terus belajar, berproses, dan jangan berpuas diri untuk menorehkan prestasi di jenjang SMP.”

Tidak ada yang lebih manis dari kesuksesan yang datang dari kerja keras. Selamat kepada siswa-siswi yang telah berhasil meraih capaian umum nilai murni US. (*)

Reporter : Lea Wulan

Anda mungkin juga suka