Home » Dare to Be Different, SMA Santo Yosef Pangkalpinang Sambut Keluarga Baru di Tahun Ajaran Baru 2024/2025

Dare to Be Different, SMA Santo Yosef Pangkalpinang Sambut Keluarga Baru di Tahun Ajaran Baru 2024/2025

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id –Tahun ajaran baru, semangat baru, SMA Santo Yosef Pangkalpinang , penuh dengan kejutan. Tahun ini SMA Santo Yosef Pangkalpinang penuh dengan warna baru, mulai dari jumlah kelas X berjumlah 8 kelas. Pencapaian yang luar biasa pada tahun ajaran ini. SMA Santo Yosef  juga kedatangan beberapa Guru, karyawan dan staff sekolah yang menambah warna pada tahun ini.

Tahun ini, keluarga baru SMA Santo Yosef diawali demgan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan disekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan memperat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya,

Tema MPLS tahun ini adalah “Membangun Karakter, Menggali Potensi” yang bermakna dalam masa pengenalan ini, peserta didik MPLS mampu menjadikan SMA Santo Yosef sebagai wadah pengembangan diri terutama dalam minat dan bakat tanpa meninggalkan peran sebagai seorang siswa – siswi teladan yang berkarakter sesuai profil pelajar Pancasila. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan dilingkungan sekolah. SMA Santo Yosef Pangkalpinang melakukan kegiatan tersebut dengan pelaksananya ialah OSIS. Pelaksanaan MPLS dimulai dari pra-MPLS di hari Senin, 15 Juli 2024 dan MPLS hari 1-2 di hari Selasa, 16 Juli 2024 – Rabu, 17 Juli 2024.

Setiap peserta didik dikelompokkan  dengan berbagai macam nama kelompok (Nilai – Nilai Yayasan Tunas Karya dan SMA Santo Yosef) dengan 2 pendamping. “Sebelumnya, jauh – jauh hari, Kami OSIS, sudah melakukan persiapan yang sangat matang, baik teknis maupun non-teknis, mulai dari anggaran, rangkaian acara, dan yang lainnya, “tutur Ketua OSIS SMA Santo Yosef Pangkalpinang Angela Ersa Vania Paramita – XII E (Wawancara 24/07/2023). Dengan dimulainya Pra – MPLS pada 15 Juli 2023, dengan persiapan awal agar pada saat 2 hari MPLS berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diagendakan.

Senin, 10 Juni 2023, Hari yang baru dimulai dengan peserta didik baru yang sekiranya melakukan Upacara Bendera diawal ajaran sekaligus pembukaan MPLS. Acara yang dilaksanakan di Pra- MPLS ada upacara pembukaan tahun ajaran baru, dan pengenalan sekolah dari buku saku mpls, dan pembagian kelompok dalam pembuatan yel-yel serta persiapan pentas seni.

Di hari pertama MPLS, ada pengenalan wali kelas dan pembentukan struktur kelas, penyampaian materi kurikulum oleh Ibu Novi Kristinarini, S.Pd sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dilanjutkan dengan materi tentang tata tertib sekolah oleh Ibu Fransisca Rindiyarti, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, agar lebih lengkap akan informasi sekoleh materi tentang program sekolah oleh Bapak Willy Wihelmus Suluh, S.Sos selaku pembina OSIS.

Masih dihari pertama MPLS,  Tak lengkap juga materi dari Konselor Sekolah tentang penggunaan medsos yang bijaksana dan anti bullying oleh Ibu Natalia Dea Desianti, S.Pd (Kons Dea), dan materi tentang cara belajar efektif dan pengembangan karir oleh Martina Winarti, S.Pd (Kons Win). Tentunya materi yang disampaikan bertujuan untuk mempersiapkan  Peserta didik, MPLS di jenjang baru sehingga dapat menggunakan waktu di SMA dengan baik. . Setelah kenyang akan materi yang bermanfaat, peserta didik Kembali ke ruangan kelas untuk melanjutkan kegiatan bersama dengan kakak pendampingnya.

Di hari kedua MPLS, ada kegiatan building tour, refleksi, penampilan minat dan bakat siswa, dan dinamika kelompok. Rangkaian kegiatan ini adalah upaya merealisasikan nilai-nilai keutamaan pendidikan Yayasan Tunas Karya dalam keseharian peserta didik terutama Keluarga Baru SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Harapan untuk keluarga baru kelas X ialah peserta didik dapat memaknai  nilai-nilai yang ditanam melalui rangkaian kegiatan MPLS ini, serta dapat terus menjunjung dan merealisasikan CEKATAN (Cerdas, Kreatif, Terampil, dan ber-Iman) dalam Solidaritas di SMA Santo Yosef maupun di lingkungan lainnya, tutur Angela Ersa sebagai Ketua OSIS

Dinamika MPLS memiliki rangkaian kegiatan ice breaking, watermelon, berhitung wow, dan lainnya.  Dalam dinamika ini, peserta didik dapat beradaptasi dan mengenal teman dan lingkungan barunya dengan cara yang seru sehingga suatu masa pengenalan ini menjadi masa yang berkesan dan seru untuk dinikmati. Akhirnya, dinamika kelompok ini memiliki dampak yang sangat baik. Yaitu siswa-siswi yang lebih terbuka dan tidak malu-malu.

MPLS ditutup dengan apel penutupan, yang didipimpin langsung oleh Frans, S.Pd., M.M., Kepala SMA Santo Yosef Pangkalpinang.

Penulis:  Lukas Mileniawan, S.Pd 

Anda mungkin juga suka