Home » SMP St. Hilarius Menanam Bakau di Semarak Babel

SMP St. Hilarius Menanam Bakau di Semarak Babel

oleh REPORTER St. HILARIUS

PARITTIGA, YTKNEWS.ID – SMP St. Hilarius ambil bagian dalam kegiatan penanaman SEMARAK BABEL, tahun 2024. Kepala Sekolah, Romo Raymond, Pak David, Pak Markus, juga siswa antara lain John, Justin, Lano dan Risky menjadi perwakilan mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini difasilitasi oleh KPHP Jebu Bembang Antan bekerjasama dengan pangkalan Angkatan Laut Babel bersama stakeholder yang ada di kecamatan Jebus dan Parittiga. Aksi menanam ratusan bibit bakau ini berlangsung di kawasan Pantai Penganak desa Air Gantang Kecamatan Parittiga, pada Selasa 23 Juli 2024 kemarin.

Ketua panitia dalam sambutannya mengatakan, “program semangat menanam Rakyat Bangka Belitung ini, merupakan inisiasi penanggungjawab sementara (PJ – red) Kepulauan Bangka Belitung, dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup”. Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa penanaman ratusan bibit bakau ini penting karena beberapa alasan yaitu, untuk mencegah terjadinya abrasi di pantai Penganak, untuk memberi tempat berlindung ikan karang dan spesies lainnya, pendukung rantai makanan laut, dan juga mencegah terjadinya pemanasan global akibat perubahan iklim.

Kepala Sekolah SMP St. Hilarius menegaskan, “kegiatan menanam bakau yang diikuti oleh pelajar SMP St. Hilarius dan beberapa stakeholder itu, tentunya menjadi bagian dari mengajarkan dan menyadarkan para anak muda, untuk lebih peduli alam dan lingkungan”.

Beliau juga menambahkan, penanaman bakau oleh anak didiknya itu, menjadi pelajaran berharga untuk memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya itu, beliau berharap agar ke depannya SMP St. Hilarius bisa berkolaborasi dengan dinas lingkungan hidup dan kehutanan, dalam melestarikan lingkungan di wilayah Bangka Barat, khususnya Kecamatan Parittiga.

“Saya senang bisa ikut menanam bakau. Besar harapan saya, supaya dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Suatu waktu nanti saya berharap, saat ke tempat ini lagi, masih dapat melihat pohon-pohon yang ditanam ini  hidup”, ujar John selaku ketua OSIS saat terlibat dalam kegiatan ini.

Semoga ke depannya siswa-siswi SMP St. Hilarius, merawat alam dimulai dari lingkungan sekolah, agar lebih bersih dan hijau lagi. Penuh pohon dan bunga-bunga, sehingga semakin asri.

Penulis

Haryono, S.Pd

Anda mungkin juga suka