Home » SMA Santo Yusup Gelar Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-63 Tahun

SMA Santo Yusup Gelar Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-63 Tahun

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungbalai, YTKNews.id—Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Tema hari pramuka yang ke-63 tahun 2024 adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI’’. Tema ini dipilih dengan harapan bisa membangun citra positif gerakan Pramuka di Indonesia dan setiap insan pramuka selalu berjiwa Pancasila dan turut serta menjaga NKRI.

SMA Santo Yusup menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-63 dengan penuh khidmat pada hari Rabu 14 Agustus 2024. Upacara yang dilaksanakan di Lapangan sekolah tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

Acara dimulai pukul 07.15 WIB dengan seluruh peserta upacara mengenakan seragam dan atribut Pramuka lengkap. Kepala sekolah SMA Santo Yusup, Ibu Devi Rosianna Simamora, S.Pd bertindak sebagai Pembina upacara. Dalam amanatnya, beliau mengajak seluruh peserta upacara untuk merefleksikan diri sejauh mana kontribusi dan turut andil dalam menjaga NKRI.

Beliau menambahkan bahwa turut serta menjaga NKRI dapat dilakukan melalui implementasi nilai-nilai Pancasila yang harus diwujudkan dalam sikap dan tindakan nyata. Kemudian beliau juga menekankan bahwa Pancasila bukan hanya sekedar dasar Negara, tetapi juga pedoman dalam bersikap dan bertindak bijak.

Kegiatan upacara HUT Pramuka ini ditutup dengan menyayikan lagu “Mars Pramuka” yang menambah kesan mendalam dan semangat nasionalisme di hati para peserta upacara. Semangat dan antusiasme yang terpancar dari seluruh peserta upacara menunjukkan bahwa gerakan Pramuka tetap relevan dan penting dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia.

para guru SMASY

Selanjutnya dalam rangka memeriahkan hari pramuka, juga diadakan berbagai lomba yaitu lomba LCC (Lomba Cerdas Cermat) tentang Kepramukaan dan lomba PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Perlombaan yang awalnya dilaksanakan di Lapangan ini kemudian dialihkan ke Aula karena kondisi hujan lebat. Namun tidak mengurangi semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti lomba dimana mereka sudah berlatih dan mempersiapkannya dengan baik di tengah-tengah padatnya aktivitas sekolah.

Lomba Cerdas Cermat Pramuka tentang kepramukaan diikuti oleh seluruh peserta didik menggunakan aplikasi quizizz, dan lomba baris berbaris menghadirkan 2 orang juri dari alumni peserta didik, dan 1 orang guru. Menurut Miduk alumni SMASTY sekaligus juri PBB tersebut, mengaku sangat senang dan bangga bisa hadir di kegiatan tersebut. “Kegiatan kepramukaan SMASTY semakin eksis, sebelumnya beberapa bulan yang lalu juga mengadakan kegiatan perkemahan perjusami. Seru ya kalian dulu jaman abang sekolah kegiatan ini belum ada”. Candaan tambahannya.

Sedangkan bagi Valeksiano Sidjabat, pemimpin upacara sekaligus ketua OSIS itu menyampaikan “Perayaan Pramuka serupa mungkin sudah sering dijumpai di tempat lain, tapi sejauh yang saya lihat kegiatan baru 2 tahun ke belakang diadakan di SMASTY, sebagai orang yang turut serta di dalamnya, saya sangat antusias melihat pergerakan kepramukaan yang sekarang berkembang semakin signifikan di SMASTY. Kegiatan kemarin diisi oleh Lomba Baris berbaris dan cerdas cermat Pramuka.

Kedua hal ini sangat penting dan diperlukan bagi kami sebagai anggota Pramuka. Jadi tidak hanya sebagai kompetisi, kegiatan ini menjadi sarana edukasi yang sangat efektif. Ungkap Ketos yang akrab disapa Valek itu. (red)

Kontributor : Mega Revita Sari

Anda mungkin juga suka