Home » SMA Santo Yusuf Semarakan Pawai Obor yang Diadakan Pemerintah Kabupaten Karimun

SMA Santo Yusuf Semarakan Pawai Obor yang Diadakan Pemerintah Kabupaten Karimun

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungbalai, YTKNews.id—Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggelar apel taptu dan pawai pada Jumat 16 Agustus 2024.

Apel berlangsung di Panggung Putri Kemuning Coastal Area. Upacara turut dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim, Sekda Muhammad Firmansyah, para Asisten, kepala OPD dan anggota DPRD. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pawai obor keliling yang diikuti ribuan peserta dari TNI, Polri, Satpol PP, OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun, Instansi Pemerintah, Pelajar dan Organisasi Masyarakat.

Setiap sekolah diminta mengirimkan 20 orang pelajar untuk mengikuti pawai ini. Maka diutuslah 20 orang peserta didik SMASTY,  masing-masing peserta wajib membawa obor dengan rute yang telah ditentukan oleh penanggung jawab, dalam hal ini Kabag Polres Karimun.

Rute perjalanan dimulai dari Panggung Putri Kemuning Coastal Area – Rumah Makan Sederhana, Rumah Dinas Bupati Karimun- Polsek Balai Karimun- Kedai Kopi Botan – Pegadaian- Pomal AL- Gedung Perpustakaan dan Arsip dan kembali lagi ke Coastal Area.

Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa diikuti oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, kemudian Wakil Bupati Anwar Hasyim dan Dandim 0317/TBK Letkol Bagus Putu Mudita secara langsung menyalakan obor Taptu kepada empat orang peserta pawai.

Selanjutnya, obor dinyalakan secara massal oleh ratusan peserta pawai yang terdiri dari TNI/Polri, Instansi Pemerintah, Ormas, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka lalu dilepas oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Pawai obor tersebut menarik perhatian dan disambut antusias masyarakat yang berada di tepi jalan yang dilewati. Mereka menyaksikan pawai yang rutin diselenggarakan oleh Pemkab Karimun setiap tahunnya pada tanggal 16 Agustus malam menjelang HUT RI.

Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa mengatakan “kegiatan Taptu dan pawai obor pada malam ini cukup meriah dan begitu besar antusias masyarakat Karimun untuk melihat pawai obor tersebut”.

Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan Negara. (red)

Kontributor : Mega Revita Sari

Anda mungkin juga suka