Home » Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Babel Ini, Beri Motivasi Siswa SMK Tunas Karya Yang Hendak PKL

Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Babel Ini, Beri Motivasi Siswa SMK Tunas Karya Yang Hendak PKL

oleh Redaktur Ytknews

Pangkalpinang, YTKNews.id—Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Babel) Wilayah I hadir dalam acara pelepasan siswa-siswi yang akan menjalani masa Praktik Kerja Lapangan (PKL). Sosok Kepala Cabang Wilayah I itu bernama, Sjamsul Bahri,SH.,M.AP.  Ia membawahi SMA/SMK di Pangkalpinang dan Bangka Tengah. Ia pun memberi motivasi kepadasiswa-siswi SMK Katolik satu-satunya di Provinsi Babel itu.

“Ingatlah selalu nilai-nilai yang sudah ditanamkan di sekolah kalian ini, aplikasikan dalam proses praktik kerja nanti. Ikuti semua hal yang sudah disampaikan dalam pembekalan, jalani dengan semangat maka yakinlah kalian akan mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berguna pada saat kalian nanti benar-benar sudah bekerja”  pesan  Sjamsul Bahri,  Rabu, 1 Februari 2023.

Bertempat di Hall SMK Tunas Karya. Pejabat ini hadir bersama bersama Kasi SMK, Zaini Ali, SIP guna memantau langsung pelaksanaan PKL yang akan dilaksanakan pada 1 Februari hingga 29 April 2023.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala SMK Tunas Karya, Petrus Suwarjo, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang atas kehadiran Kacabdin bersama Kasi SMK di SMK Tunas Karya.

“ Selamat datang Bapak Kacabdin di SMK Tunas Karya. Ini adalah kunjungan pertama sejak Bapak  menjabat Kacabdin Wilayah 1 selama hampir satu  tahun ini.  Kunjungan kali ini sekaligus melepas siswa-siswi kami yang akan menjalani masa PKL  saya yakin dengan  perhatian dan dukungan Bapak  , anak-anak kami akan semakin bersemangat mengikuti masa Praktik Kerja Lapangan ini,” ungkapnya.

Senada dengan Kacabdin, kepala sekolah juga  menyampaikan pesan kepada peserta PKL.”Selama berada di tempat PKL, selalu jaga kedisiplinan, sopan santun, dan  nama baik sekolah,”

Selepas sambutan-sambutan , acara penglepasaan dilanjutkan dengan penyematan  tanda peserta PKL. Masing-masing jurusan diwakili satu siswa. Theresia Alexandra, siswa yang pernah meraih juara pertama lomba cipta cerpen ini  mewakili jurusan Akuntansi. Lantas, tanda peserta disematkan  oleh Kepala SMK Tunas Karya.

Sementara Yezaya Danzel  yang mewakili jurusan Pemasaran disematkan oleh Ketua Pokja PKL  Kartika Dewi, S. Pd. Menyusul kemudian Kasi SMK menyematkan tanda peserta kepada Raffael yang mewakili jurusan Desain Grafika.  Lantas, terakhir Kacabdin menyematkan tanda peserta kepada Audrey Viodora, siswa peraih  juara III dalam lomba  desain busana siswa SMK tingkat provinsi Bangka Belitung  wakil dari   jurusan Tata Busana.

Setelah berfoto bersama,   para siswa peserta PKL  menuju tempat praktik masing-masing dengan diantar bapak ibu guru pembimbing.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Lidwina Lan Cen , S. Ag.  saat dimintai penjelasan  tentang program ini menuturkan bahwa PKL adalah prgram yang wajib.

“Dalam struktur kurikulum SMK , Praktik Kerja Lapangan adalah program pembelajaran wajib yang bertujuan memberikan pengalaman langsung tentang dunia kerja kepada siswa SMK,” ungkap Lan Cen. Dengan demikian, menurutnya, lulusan SMK diharapkan  memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

“Melalui program PKL, pengalaman dan wawasan peserta didik mengenai dunia kerja akan bertambah sehingga kesiapan kerja peserta didik akan lebih baik. Jadi, selama 3 bulan ini siswa kita akan menimba ilmu baru di luar sekolah,”imbuh Lan Cen

Di tempat terpisah,,  Ketua Pokja PKL, Kartika Dewi, S. Pd. mengungkapkan bahwa, jumlah PKL ini terhitun yang terbanyak.  “Jumlah siswa yang menjalani PKL pada tahun pelajaran 2022/2023 ini  yang terbanyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun pelajaran sebelumnya.

Ada 151 siswa dan tersebar di berbagai lokasi tempat praktik, ada yang di  pusat perbelanjaan, toko-toko, percetakan, bank swasta, kantor koperasi, perusahaan konveksi, dan sekolah-sekolah Yayasan Tunas Karya.  Kita bekerja sama dengan  42 mitra dudi. Kita salurkan berdasarkan  jurusan.  Dukungan  dari mitra dudi pun sangat baik,” pungkas Dewi. (sfn)

Penulis : Lukas Parjiyo

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.